Cara Memberikan Password pada Flashdisk dengan Mudah dan Dijamin Aman

0
1011
Copyright ©Gaptex

Cara Memberikan Password pada Flashdisk dengan Mudah dan Dijamin Aman

Oketekno.com – Memang sebuah perangkat penyimpanan yang portable dan mudah dibawa kemana-mana adalah Flashdisk, dengan mudah di bawa ini tidak sedikit dari orang yang menyimpan data penting di dalamnya. Namun perlu kalian waspadai jangan sampai Flashdisk kalian hilang atau dipinjam oleh sembarang orang.

Jika di dalam Flashdisk tersebut banyak data penting seperti soal ujian, data pendidikan, grafik perusahaan, laporan keuangan dan semua yang penting, suatu saat ketika Anda tidak mengetahui ada orang yang mengambil Flashdisk kalian dan meng-copy semua data yang ada di dalam perangkat tersebut.

Lanjut Baca: Cara Melindungi Data dan File Supaya Aman dari Orang Lain

Cukup berbahaya bukan jika hal ini sampai terjadi pada kalian? Untuk itu simak nih untuk mengantisipasi kejadian tersebut dengan mengikuti cara memberikan Password pada Flashdisk berikut ini:

kunci flashdisk
Copyright ©IT

Untuk cara yang pertama kalian unduh terlebih dahulu aplikasi yang bernama DiskCryptor di web, setelah itu lakukan penginstallan seperti biasanya.

Simak Nih: Tips Cara yang Benar Ketika Laptop Terkena Air

Jika sudah buka aplikasi tersebut maka semua drive penyimpanan kalian akan terdeteksi, mulai dari HDD Internal, HDD Eksternal, Flashdisk, dan semua yang tersambung ke Komputer kalian.

Copyright ©maketecheasier

Di sini kita pilih Flashdisk lalu klik tombol Encrypt, setelah ini akan ditampilkan sebuah kotak yang berisi teks, jangan pedulikan itu langsung klik next aja biar cepat, hehe.

Ketahui Juga: Cara Pulihkan Akun Facebook yang di Hack

Cara memberikan Password pada Flashdisk selanjutnya pada kotak yang muncul kalian isikan dengan Password yang diterapkan pada Flashdisk kalian nantinya, lalu konfirmasikan juga, untuk mengetahui tips membuat password yang aman simak di sini.

Copyright ©maketecheasier

Setelah itu klik Ok, nah dengan begini kita tunggu proses enkripsi sampai selesai. Untuk lama buffering proses ini tergantung dari kapasitas Flashdisk kalian, jika hanya 4 Gb saja maka lebih cepat, namun kalau 1 Tb itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Copyright ©xerocrypt

Dengan begini Flashdisk kalian tidak akan dikenali oleh Windows dan diminta untuk memformat ulang Flashdisk-nya, namun jangan lakukan itu guys abaikan saja pernyataan itu karena bahaya kalau di klik.

Ketahui Juga: Cara Mudah Mempercepat Kinerja Komputer Hanya dengan Flashdisk

Langsung saja buka aplikasi DiskCryptor, pilih drive flashdisk lalu klik mount. Nah setelah itu kalian diminta memasukkan sandi yang telah kita buat sebelumnya tadi, dan ok.

Lakukan cara yang serupa untuk mencabut device tersebut atau langsung klik safety remove.

Catatan: memang orang lain sudah tidak bisa mendapatkan akses dan informasi dari isi Flashdisk tersebut namun mereka masih bisa menghapus data di dalamnya, jadi untuk antisipasi buatlah copy an dari perangkat tersebut dan jangan di pinjamkan ke sembarang orang.

Baik guys, itu tadi cara memberikan Password pada Flashdisk yang bisa di coba dan diterapkan pada perangkat kalian dengan mudah untuk menjaga informasi kalian tetap aman, selamat mencoba dan semoga berhasil.

baca juga: cara memilih microsd yang tepat untuk smartphone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here