Persaingan Sengit Snapdragon 450 dengan MediaTek Helio P23??

0
1749
Qualcomm Snapdragon 450
Copyright ©AnandTech

Persaingan Sengit Snapdragon 450 dengan MediaTek Helio P23??

Oketekno.com – Persaingan memang sangat sangat tidak asing lagi di dunia bisnis. Persaingan tersebut tidak hanya pada antar vendor smartphone, tapi juga pada pelengkap chipset. Membahas tentang prosesor smartphone terdapat dua nama yang cukup sering digunakan yaitu Qualcomm dan MediaTek.

Cukup tenar karena kedua produk sering digunakan untuk beberapa vendor smartphone. seperti persaingan antara Qualcomm dan MediaTek cukup gaet lebih banyak perusahaan dan tidak bisa digantikan.

Baca Juga Buruan Beli 100 Unit Terakhir dari Xiaomi Mi 6 Mercury Silver Limited Edition!

Adapun sebuah laporan dari DigiTimes yang tertulkis bahwa ada informasi yang cukup menarik bahwa MediaTek dibawah tekjanan dalam penurunan harga chipsetnya.

MediaTek Helio P23
Copyright ©The Leaker

Hal itu tidak tanpa sebab, laporan yang sudah dikutip kalau harga chipset Snapdragon 450 ini dibandrol sekitar 10.50 USD. Ini salah satu alasan, kenapa MediaTek seolah-olah mendapatkan tekanan untuk memangkas harga prosesor seri terbarunya yaitu Helio P23 yang akan ditujukan pada smartphone mid-range.

Nah! Supaya masih bisa bersaing dengan Qualcomm melalui Snapdragon 450, maka MediaTek ada kemungkinan besar akan menjual Helio P23 ke beberapa perusahaan yang sudah kerjasama dengannya seharga dibawa 10 USD.

Chipset tersebut telah dibangun dengan teknologi pemrosesan 14 nm, sedangkan Snapdragon 450 sendiri juga diharapkan akan masuk pada segmen pasar chipset mid-range yang menjadi lebih kompetitif.

Baca Juga Waduh, Inilah Penyebab Oppo F3 Red Edition Sudah Langka Sekarang!

Pendapat dari sumber, Samsung yang akan menggunakan teknologi 14 nm ketika pembuatan chip Snapdragon 450 yang sudah dilaporkan akan menawarkan 2500 USD per wafer, hal tersebut sangat memungkinkan kalau Qualcomm menurunkan harga chip tersebut.

Sedangkan MediaTek yang sudah berhasil mengontrak TSMC untuk produksi chipset Helio P23 ini masih harus bayar biaya produksi lebih besar yaitu 3500 USD per wafer. Chip Helio P23 sendiri ini telah dikembangkan dengan proses produksi 16nm.

MediaTek akan memberikan harga resmi untuk Helio P23 sekitar 15 USD, tetapi dikabarkan baru-baru inji pihak perusahaan akan pangkas lagi harga chip kurang lebih menjadi 11 – 12 USD yang memiliki tujuan untuk dapatkan pesanan dari klien utama di China.

Pihak MediaTek akan riliskan prosesor Helio P23 pada kuartal keempat tahun ini. Chipset tersebut juga memiliki target kurang lebih 5-6 juta unit per bulan. Masih sedikit informasi yang terlontarkan dari sumber, chip helio P23 ini akan hadir untuk smartphone Oppo, Meizu, Vivo dan Gionee.

Baca Juga Cara Memutus Koneksi Internet Orang Lain Di Jaringan Yang Sama

Diketahui juga bahwa perusahaan satu ini akan mengalami persaingan harga yang cukup kompetitif di pasar chipset mobile, dan khususnya pada segmen mid-range yang terdapat pada paru kedua tahun ini. Dimana perusahaan inipun kemungkinan tidak mencetak sebuah peningkatan margin kotor yang di substansial tahun ini. Bagaimana menurut anda?

Baca Juga Daftar Harga Smartphone Samsung Galaxy Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here