Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca di Ponsel Dengan Mudah

0
6428
Copyright ©technocredo

Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca di Ponsel Dengan Mudah

Oketekno.comMicroSD merupakah sebuah perangkat penyimpanan tambahan yang cukup penting keberadaannya, meskipun saat ini sudah banyak Smartphone dengan bekalan internal memori cukup besar hal itu tidak menjadikan musnahnya MicroSD karena masih banyak juga smartphone dengan internal yang pas-pas an, contohnya saja seperti Samsung Galaxy J1 Ace.

Selain itu data-data penting lebih baik disimpan di perangkat eksternal dibandingkan internal karena untuk menghindari dari pencurian dan mudah untuk dipindah ke perangkat yang lainnya. Akan tetapi apa jadinya jika memori kita rusak atau bisa jadi tidak bisa terbaca di perangkat kita?

Jangan khawatir kawan karena saya akan berikan tips dan trick bagaimana cara memperbaiki MicroSD dengan mudah yang bisa kalian lakukan sendiri nantinya, simak pembahasannya di sini:

Simak Nih: Cara Aktifkan Fitur Rahasia Untuk Tingkatkan Performa Android

Bersihkan kartu memori

Cara yang pertama ini cukup mudah yakni hanya bersihkan memori card saja, ingat jangan dibersihkan dengan air ya. Di sini kita hanya perlu menggunakan penghapus karet saja.

Matikan smartphone dan keluarkan MicroSD dari perangkat, setelah itu gosok bagian yang berwarna kuning dengan penghapus karet yang bersih(jangan sampai ada noda pada penghapus tersebut).

Copyright ©bedahp

Jika sudah yakin bersih bagian yang berwana emas pada microSD masukkan kembali ke Smartphone dan nyalakan. Apakah sudah bisa terbaca atau belum?

Ketahui Yuk: Cara Membedakan MicroSD Asli atau Palsu dengan Cepat

Scan MicroSD

Bisa jadi tidak terbacanya memori tersebut adanya sebuah virus yang mana menghadang perangkat untuk membaca MicroSD tersebut, nah dengan ini kita bisa scan memori kita menggunakan antivirus di komputer kita.

Copyright ©bedahp
  • Yang pertama sambungkan memori tersebut menggunakan kabel data atau bisa juga menggunakan card reader,
  • Jika sudah muncul nama microSD kita, selanjutnya klik kanan dan pilih opsi Scan.
  • Kita tunggu saja prosesnya sampai selesai
  • Jika masih tidak terbaca, berarti bukan sebuah virus yang menyebabkan gagal terbacanya MicroSD kalian.

Simak Juga: Cara Hilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Bantuan Aplikasi

Format dari Android

Cara memperbaiki MicroSD dengan mudah selanjutnya adalah menghapus semua data yang ada di memori tersebut melalui Android, caranya adalah:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here