Ingin Hemat Memori Internal Smartphone? Berikut Caranya!

1
3498
Copyright ©klikfix

Ingin Hemat Memori Internal Smartphone? Berikut Caranya!

Oketekno.com – Memang di zaman ini sudah banyak perangkat Smartphone yang dibekali dengan kapasitas internal memori cukup luas, contohnya saja seperti Xiaomi Mi Mix, Galaxy Note 8, iPhone 7, dan masih banyak lagi.

Namun beberapa orang ternyata masih menggunakan Smartphone dengan spesifikasi pas-pas an dengan kapasitas internal juga bisa dibilang kecil, hal itu bisa membuat kita kesal karena saat kita ingin install game atau aplikasi ternyata ada notifikasi yang menandakan bahwa memori internal sudah penuh.

Simak Yuk: Cara Membuka Smartphone yang Terkunci dengan Mudah

Masalah itu tidak lain disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang mungkin sepele namun besar dampaknya yakni merawat file yang ada di dalam Smartphone anda, namun jangan khawatir guys karena saya akan membahas mengenai tips cara menghemat pemakaian memori internal android di bawah ini:

  • Jangan Pernah Install Aplikasi Cleaner dan Anti Virus
Copyright ©akhbarak

Aplikasi cleaner dan anti virus ini sebenarnya ditujukan untuk pengguna Smartphone dengan kapasitas internal yang cukup luas karena untuk memudahkan menghentikan aplikasi untuk memperluas RAM, hapus cache , dan yang lainnya.

Akan tetapi jika aplikasi tersebut di install di perangkat pas-pas an kita bukannya membantu tetapi malah menambahi beban dan memenuhi kapasitas penyimpanan internal kita. Jika ingin memperluas RAM dengan cara menghentikan aplikasi maka bisa kita lakukan dengan cara manual saja dan dijamin malah lebih ampuh.

Ketahui Juga: Daftar Aplikasi Anti Virus Terbaik Untuk Smartphone

  • Install Aplikasi Versi Lite (jika ada)
Copyright ©androidpolice

Banyaknya aplikasi yang sudah tersedia ternyata tidak sedikit juga yang sudah dibuat versi ringannya alias Lite, selain ringan aplikasi versi ini juga dapat menghemat pemakaian kuota internet kalian. Aplikasi versi Lite diantaranya adalah Line Lite, Messenger Lite, Facebook Lite, LinkEdin Lite, Youtube Go, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kalian masih menginginkan anti virus bisa juga untuk tetap install yang versi Lite-nya, untuk masalah kualitas jangan khawatir karena tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan versi regulernya.

Simak Nih: Ingin Membalas Chat WhatsApp Secara Otomatis? Berikut Caranya

  • Budayakan Streaming
Copyright ©resourceduweb

Jika Smartphone kalian sudah mendukung jaringan 4G Lte biasakan untuk menonton video secara online dibandingkan untuk mendownload alih-alih jika ada koneksi Wi-Fi yang bisa dinikmati setiap hari, cara menghemat pemakaian memori internal android yang satu ini wajib banget kamu terapkan.

Namun beberapa masalah yang tidak memungkinkan untuk melakukan streaming kalian bisa download video tersebut, akan tetapi jangan lupa untuk langsung di hapus setelah di tonton untuk memberikan ruang yang lebih banyak kepada memori internal kalian.

Ketahui Yuk: Cara Nikmati Internetan 4G Lte

  • Backup Foto dan Video ke Cloud Storage
Copyright ©consultech

Jika kalian masih sayang kepada file video, foto, document, dan lainnya, maka kalian bisa untuk membackupnya ke dalam Cloud Storage atau bisa juga ke hardisk komputer maupun hardisk eksternal jika ada, karena banyaknya file yang tersimpan di dalam Smartphone ternyata tidak hanya memenuhi kapasitas penyimpanan internal kalian saja akan tetapi performanya juga bisa menurun.

Solusi terbaik dari permasalahan di atas adalah

Simak Juga: Cara Membuka Cloud yang Lupa Password

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here