Fitur HDR Youtube Kini Bisa Dinikmati di Smartphone, Berikut Perangkat yang Mendukungnya

0
1743
Copyright ©techdrake

Fitur HDR Youtube Kini Bisa Dinikmati di Smartphone, Berikut Perangkat yang Mendukungnya

Oketekno.com – Setelah beberapa waktu lalu Youtube menghadirkan sedikit perubahan pada aplikasi yang dimilikinya, kini media video streaming telah memperbarui fitur yang sudah lama dihadirkan yakni fitur High Dynamic Range alias HDR.

Fitur HDR ini memang sudah dihadirkan sejak bulan November 2016 lalu, namun untuk perangkat yang bisa mengaksesnya masih sangat terbatas khususnya hanya bisa dinikmati pada perangkat Komputer saja. Namun baru-baru ini salah satu sumber media memberikan informasi jika aplikasi Youtube yang berada pada Smartphone Android juga telah didukung dengan video kualitas HDR.

Baca Nih: Cara Memperbaiki Kualitas Video yang Rusak Gunakan Smartphone Android

Akan tetapi tidak semua perangkat Smartphone Android mendapatkan dukungan fitur Youtube yang satu ini karena ada batasan spesifikasi yang dibekalkan. Untuk perangkat yang mendukung video HDR Youtube diantaranya adalah Google Pixel, Google Pixel XL, Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy S8 Plus, Samsung Galaxy Note 8, LG V30, Sony Xperia XZ Premium, kemungkinan beberapa Smartphone yang akan dihadirkan salah satunya adalah Sony Xperia XZ1 Compact juga mendukung fitur HDR ini.

Copyright ©bbc

Cara mengetahui perangkat anda sudah mendukung fitur HDR Youtube ini atau belum sangatlah mudah, kita hanya perlu memeriksa pengaturan kualitas pada aplikasi Youtube. Misalnya saja ketika anda membuka suatu video, tap video tersebut kemudian pilih opsi tiga titik yang berada dibagian atas kanan video, setelah itu akan muncul sebuah menu baru, nah disini kita pilih Kualitas dan muncullah sebuah pilihan.

Ketahui Juga: Update Terbaru Youtube, Boyong Banyak Fitur dan Perubahan Baru

Kita check dalam pilihan tersebut adakah yang bertuliskan HDR atau 2160pxl atau bisa juga 4K. Jika kita pilih opsi tersebut maka tertera sebuah tulisan HDR di sebuah video tersebut, dan perlu diingat bahwa tidak semua video yang ada di Youtube memiliki resolusi HDR.

Video HDR memang memiliki tampilan yang sangat menarik dan penyajian warnanya sangat banyak sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam. Tingkat akurasi antara warna hitam dan putihnya juga lebih tinggi dan realistis.

Namun untuk pemakaian kuota untuk fitur HDR Youtube ini lebih besar jika dibandingkan dengan resolusi biasa, bagi kalian yang Smartphone-nya tidak mendukung fitur yang satu ini bisa mencobanya di komputer untuk melihat perbedaannya secara jelas dan lebih detail.

baca juga: Youtube update fitur chat dan berbagi video, seperti apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here