Cara Ubah TV Biasa Jadi SmartTV Dengan Budget Murah

0
10831
Cara Ubah TV Biasa Jadi SmartTV
Copyright ©gigaom

Cara Ubah TV Biasa Jadi SmartTV Dengan Budget Murah

Oketekno.comCara Ubah TV Biasa Jadi SmartTV, Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi telah membuat Smart TV yang mana merupakan perkembangan dari TV biasa, jika kita menggunakan Smart TV maka nonton youtube ataupun browsing akan lebih menyenangkan.

Namun untuk memiliki Smart TV kita harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal, akan tetapi bagi kalian yang ingin Streaming Video di TV layaknya Smart TV bisa dilakukan dengan mudah kok tenang aja. Daripada penasaran lebih lama langsung saja simak Caranya berikut ini:

Ketahui Nih: Manfaat Kesehatan yang Didapatkan Ketika Bermain Game

Cara Ubah TV Biasa Jadi SmartTV

  • Chromecast

Copyright ©wikipedia

Untuk perangkat yang satu ini sebenarnya sudah cukup lama beredar dipasaran, namun kurang populer untuk keberadaannya ini sendiri di Indonesia. Chromecast ini merupakan alat besutan Google yang mana bisa menghubungkan perangkat Smartphone Android dengan TV atau Layar Desktop secara wireless. Dengan begini, apapun yang tampil pada perangkat Smartphone Android kalian juga bisa muncul di TV atau perangkat yang terhubung.

Cara pakainya juga cukup sederhana, colokkan Chromecast ke Port HDMI yang ada di TV maupun layar Desktop kalian, kemudian hubungkan perangkat tersebut ke jaringan yang sama dengan Smartphone Android kalian, untuk mengendalikannya kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang harus diinstal pada Smartphone, aplikasi ini bernama Chromecast yang bisa di download di Google Play secara gratis. (Jangan lupa untuk memindah pengaturan TV ke HDMI) perangkat ini hanya dibanderol dengan harga Rp 400.000,00 sampai Rp 500.000,00 saja.

Simak Juga: Cara Sederhana Untuk Mempercepat Pengisian Daya Smartphone

  • Dongle Miracast

Copyright ©amazon

Cara Ubah TV biasa jadi SmartTV selanjutnya kita bisa menggunakan perangkat yang bernama Dongle Miracast, fungsinya juga sama dengan perangkat yang telah disebutkan diatas tadi yakni menampilkan apa yang ditampilan pada perangkat Smartphone Android kalian.

Penggunaannya juga cukup mudah yakni kita tinggal colokkan Dongle Miracast ke TV, setelah itu kita masuk menu setting Smartphone kita lalu pilih menu display, selanjutnya kita pilih Wireless Mirroring or Cast screen dan ubah ke posisi On.

Tunggu beberapa saat sampai daftar jaringan dari dongle miracast yang kita gunakan muncul, jika sudah muncul kita pilih jaringan tersebut. Dengan begini apasaja yang muncul pada layar Smartphone kalian juga bisa tampil pada TV Anda. Harga dari perangkat Dongle Miracast berada pada kisaran Rp 450.000 saja.

Ketahui Yuk: Cara Diagnosa dan Mengatasi Laptop Blue Screen dengan Mudah

  • Kabel HDMI

Copyright ©hardware

Jika kalian masih kesulitan untuk mendapatkan perangkat diatas atau kesulitan untuk penggunaannya maka bisa juga menggunakan kabel HDMI sebagai alternatif lainnya. Kabel ini bisa menghubungkan perangkat Smartphone kalian dengan TV maupun Layar Desktop.

Cara penggunaannya cukup mudah, yakni tinggal kita colokkan saja kabel HDMI tersebut ke TV dan juga perangkat Smartphone Android. Tunggu beberapa saat sampai keduanya terdeteksi dan terhubung dan apa yang ditampilkan pada Smartphone kalian juga muncul di layar. Perlu diingat, jangan sampai salah pilih kabel HDMI karena jenisnya cukup banyak, konsultasikan dengan si penjual atau orang yang lebih memahami. Harga dari kabel HDMI cukup bervariasi tergantung kualitas, mulai dari Rp 50.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Bagaimana guys? Anda tertarik untuk mencoba Cara Ubah TV biasa menjadi SmartTV di atas? Selamat mencoba dan semoga berhasil serta puas.

baca juga: cara main game ps 2 di smartphone android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here