Hari Ini, Divisi Smartphone HTC Resmi Dibeli Google Seharga Rp 14 Triliun

0
2347
Copyright ©bgr

Hari Ini, Divisi Smartphone HTC Resmi Dibeli Google Seharga Rp 14 Triliun

Oketekno.com – Setelah sempat tertunda akhirnya Google saat ini telah resmi untuk memiliki saham Smartphone HTC, tidak hanya asset sahamnya saja yang dibeli oleh rakasasa mesin pencari Dunia itu melainkan beserta tim yang bekerja untuk Smartphone HTC sebelumnya.

Google telah mengeluarkan biaya sebesar 1.1 miliar dollar Amerika atau setara dengan Rp 14.6 Trilliun untuk membeli saham tersebut beserta divisi Smartphone HTC. Akan tetapi tidak semua saham dari HTC diambil alih oleh Google melainkan masih ada beberapa yang masih berada dibawah kendali penuh perusahaan asal Taiwan tersebut.

Simak Nih: Waduh, Layanan Asus yang Bermanfaat Ini Akan Dihapus Bulan Depan

Saham yang masih dipegang kuasanya oleh HTC salah satunya yakni headset VR HTC Vive. Selain itu kesepakatan antar kedua belah pihak ini juga meliputi lisensri non-ekslusif terkait kekayaan intelektual yang telah diraih dan dimiliki oleh HTC sebelumnya.

Copyright ©abcnews

“Kami telah mengembangkan lini smartphone Google Pixel dan kami sangat senang untuk melihat apa yang bisa dilakukan bersama (dengan tim pada divisi smartphone HTC) sebagai satu kesatuan tim,” begitulah yang diungkapkan oleh Google Senior Vice President Hardware di blog resmi miliknya.

Tidak hanya itu saja karena pada pernyataan resminya, Google juga menyebutkan perjanjian yang telah dibuat ini juga akan memperkuat komitmen Google untuk bisnis Smartphone yang sedang dilakoninya ini serta investasi seluruh hardware yang kini sedang dikembangkannya, diantaranya adalah Smartphone Google Pixel, Google Wifi, Virtual Reality alias VR Headset Daydream, Google Home, serta Chromecast Ultra.

Ketahui Yuk: Google Sedang Ujicoba Layanan Internet Gratis di Indonesia

“Karena inilah kami meneken kesepakatan dengan HTC, pemimpin di bidang produk konsumer elektronik. Dengan demikian, makin banyak inovasi produk di tahun-tahun mendatang,” seperti itulah yang diungkapkan oleh Osterloh selaku Google Senior Vice President Hardware.

Di sisi lain Chief Financial Officer HTC yang bernama Peter Shen memberikan sebuah pernyataan setelah pembelian sebagian besar divisi Hardware Smartphone miliknya ini pihaknya tetap akan mempekerjakan lebih dari 2.000 karyawan yang bergerak di bidang riset dan pengembangan. Walaupun sebenarnya jumlah tersebut sudah berkurang hampir 50% dari jumlah karyawan sebelumnya yang mencapai 4.000 orang.

Dengan adanya pembelian saham ini, pihak Google juga berharap perkembangan Smartphone besutannya bisa berkembang lebih baik lagi kedepannya sehingga mampu bersaing dengan vendor lainnya.

baca juga: resmi diumumkan, beginilah situs layanan bisnis yang ditawarkan google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here