Mulai Pekan Ini, WhatsApp Sudah Diblokir Penuh Oleh China

0
1318
Copyright ©AddictiveTips

Mulai Pekan Ini, WhatsApp Sudah Diblokir Penuh Oleh China

Oketekno.com – Untuk saat ini beberapa jejaring sosial yang ingin masuk ke wilayah Tiongkok alias China sangat sulit sekali karena beberapa ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak pemerintah demi keamanan negaranya juga cukup banyak. Seperti yang kita ketahui layanan Whatsapp yang berada di wilayah China dikabarkan telah ditutup oleh pihak pemerintahan.

Tidak lama kemudian CEO Facebook yang bernama Mark Zuckerberg sangat sibuk untuk melakukan pendekatan terhadap pemerintah China supaya layanannya dibuka secara bebas kembali, sampai-sampai ia juga belajar bahasa mandarin agar bisa berbicara dengan pemerintah Tiongkok dengan nyaman dan mudah.

Simak Nih: Seperti Inilah Perangkat Video Chat Terbaru Besutan Facebook

Akan tetapi setelah berbagai upaya dilakukan oleh Mark akhirnya layanan WhatsApp secara resmi ditutup sepenuhnya, beberapa media informasi juga menyebutkan jika pengguna aplikasi pesan instant besutan facebook ini sudah tidak bisa lagi digunakan sama sekali.

Copyright ©AddictiveTips

Pemblokiran layanan WhatsApp ini sebenarnya sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2017 yang lalu, akan tetapi tidak sepenuhnya diblokir karena penggunanya masih dapat mengirimkan pesan hanya berupa text saja, sedangkan untuk mengirim foto dan video sangat susah sekali hingga tidak bisa sama sekali.

Mulai pekan ini seluruh layanan WhatsApp yang berada di China dilaporkan sudah tidak bisa digunakan sama sekali meskipun hanya berupa text saja alias sudah diblokir total. Salah seorang yang menjabat sebagai Crytographer di firma riset Symbolic Software yang bernama Nadim Kobeissi memberikan sebuah pernyataan bahwa: “Ini bukan metode teknis biasa yang digunakan pemerintah China dalam menyensor sesuatu.”

Ketahui Yuk: Cara Memabalas Chat Otomatis di WhatsApp

Monitor traffict internet yang berada di Symbolic Software sudah mendeteksi sebuah gangguan WhatsApp di Tiongkok mulai hari Rabu pekan lalu, namun pernyataan pemblokiran secara resminya baru diungkapkan mulai hari senin kemarin.

Hal ini juga diungkapkan oleh pakar komunikasi internet yang berasal dari Chinese University of Hong Kong yang menyebutkan jika layanan WhatsApp ini sudah mengalami gangguan para mulai hari minggu pekan lalu, namun beberapa pengguna masih bisa untuk menggunakan WhatsApp meski kinerjanya sangat buruk sekali.

“Kalau Anda cuma dibolehkan melaju dengan kecepatan 1 mil per jam di sebuah jalan, Anda tentu tidak mau melewati jalan itu meskipun sebenarnya tidak diblokir secara teknis” begitulah yang diungkapkan oleh pakar komunkasi internet China yang bernama Lokman Tsui.

Beberapa layanan facebook lainnya seperti Facebook dan Instagram sebelumnya juga sudah diblokir di wilayah China, dan untuk yang terakhir layanan besutan Facebook yang diblokir kali ini adalah WhatsApp.

baca juga: cara ubah pesan suara whatsapp menjadi text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here