Gawat, Facebook Terancam Ditutup Oleh Rusia Karena Masalah Ini

0
1250
facebook
Copyright ©kompas

Gawat, Facebook Terancam Ditutup Oleh Rusia Karena Masalah Ini

Oketekno.com – Pekan ini Facebook sudah kehilangan satu negara untuk dilayani dengan layanan yang telah ditawarkannya yakni WhatsApp, saat ini semua layanan dari sang raksasa sosial media ini sudah tidak lagi digunakan di negara tersebut. Sudah jelas pihaknya mengalami kekecewaan yang sangat mendalam karena merasa dirinya masih kurang berkualitas untuk melayani seluruh masyarakat China.

Dan baru-baru ini terdengar sebuah informasi tidak menyenangkan datang ke perusahaan Facebook lagi, pasalnya negara Rusia juga mengancam akan menutup layanan facebook di wilayahnya juga karena disebabkan oleh suatu hal, kira-kira apa ya?

Simak Nih: Tips Mengetahui dan Mengatasi Facebook yang di Hack

Setelah ditelusuri lebih dalam ternyata Facebook tidak mematuhi peraturan penyimpanan data lokal yang ada di negara Rusia. Kepala regulator komunikasi, teknologi informasi, dan media massa Rusia alias Roskomnadzor yang bernama Alexander Zharov mengungkapkan jika undang-undang tersebut wajib bagi semua perusahaan yang ingin masuk ke wilayahnya.

Copyright ©kompas

“Dalam semua kasus, kami akan memastikan bahwa hukum dipatuhi, atau perusahaan harus berhenti beroperasi di Federasi Rusia. Tidak ada pengecualian.” Seperti itulah yang diungkapkan oleh Zharov.

Undang-undang mengenai penyimpanan data lokal ini ditujukan untuk mengumpulkan semua data pribadi bagi para pengguna layanan suatu perusahaan untuk menyimpannya di dalam negeri supaya privasi tetap aman, peraturan ini sendiri sebenarnya sudah diberlakukan sejak bulan September 2015 yang lalu.

Ketahui Yuk: Cara Mudah dan Cepat Edit Foto dengan Effect Super Keren Tanpa Bantuan Aplikasi

Mengenai permasalahan ini federasi Rusia masih belum berkomunikasi secara langsung dengan Facebook. Akan tetapi ia menegaskan jika perusahaan Facebook itu kalau ingin berlanjut silahkan mematuhi peraturan yang tersedia.

“Pada 2018, kami bakal mempertimbangkannya dan mungkin akan kami cek,” begitulah ucapan yang keluar dari mulut Zharov. Selain itu, juru bicara Kremlin yang bernama Dmitry Peskov juga memberikan pernyataan jika Facebook merupakan sebuah perusahaan komersiil yang menghasilkan uang di wilayah Rusia, oleh karena itulah ia harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang ada.

Disamping itu Zharov juga telah menerima sebuah surat dari Twitter yang mengatakan jika pihaknya akan menyesuaikan layanannya dengan peraturan penyimpanan data yang dimulai pada tahun 2018 itu. akankah nasib Facebook juga akan sama dengan Linkedin yang sudah diblokir sejak bulan November 2016 yang lalu oleh Rusia ini atau mungkin akan berlanjut? So kita nantikan saja berita selanjutnya.

baca juga: cara menghapus akun facebook sementara dan selamanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here