Cara Atasi Download Macet di IDM yang Ampuh Banget

0
1044
Copyright ©jalantikus

Cara Atasi Download Macet di IDM yang Ampuh Banget

Oketekno.com – Siapa sih yang tidak kenal dengan Internet Download Manager alias IDM? Mungkin hanya sebagian orang awam saja ya, memang banyak pengguna komputer yang mempercayakan aplikasi yang satu ini untuk mendonwload semua file yang ingin diunduh dengan format apapun bisa dilakukannya.

Selain cepat aplikasi IDM ini juga sangat responsif serta tidak memakai banyak RAM komputer kita, file berukuran kecil hingga besar juga dapat di download oleh aplikasi downloader yang satu ini. Nah pernah tidak sih proses download kalian stuck alias macet di presentase 99%? Tinggal sedikit lagi selesai malah macet, pas di pause kemudian di resume kembali malah muncul pesan error. Sudah pasti jengkel bukan kalian semua, apalagi yang didownload memiliki kapasitas yang cukup besar, salah satu contohnya saja seperti game GTA V.

Simak Nih: Cara Membeli Game GTA V Premium di Steam Tanpa Uang Sepeser Pun

Kami punya solusinya guys untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di IDM seperti itu, untuk selengkapnya bisa kalian simak ulasan selengkapnya mengenai cara atasi download yang macet di IDM berikut ini:

Copyright ©appnationconference

Pertama kita buka aplikasi IDM yang digunakan untuk mengunduh file tersebut, kemudian kita menuju ke menu Download, setelah itu kita plih options. Jika sudah masuk ke menu options kita pilih menu save to

Copyright ©oketekno

Di situ nantinya akan ada kolom yang berisi sebuah alamat dari temporary directory. Copy link tersebut kemudian kita menuju ke windows explorer dan paste alamat yang tadi ke kolom link yang ada di Windows Explorer, kemudian masuk ke DwnlData

Baca Yuk: Cara Mengatur Volume yang Berbeda di Setiap Aplikasi Smartphone dengan Mudah

Copyright ©oketekno

Cara atasi download yang macet di IDM selanjutnya yakni kita cari folder dari file yang macet saat kita download tadi guys, biasanya ada 2 hingga 15 part karena tergantung kapasitas file yang kita download, jika jumlah part terlalu banyak bisa kita coba buka IDM kemudian kita resume kembali unduhan kita. Dengan begini nantinya akan ada part yang bersatu sehingga jumlahnya akan berkurang.

Simak Juga: Cara Menerobos Firewall Jaringan Layaknya Seorang Hacker

Copyright ©oketekno

Setelah itu kita gunakan aplikasi yang bernama HJ-Split untuk memcah part yang ada di file tersebut masing-masing menjadi 500 kB semuanya, misalnya jika ukuran part tersebut sebesar 50Mb maka pecah menjadi 100 bagian sehingga masing-masing ukurannya nanti sekitar 500KB, jangan lupa untuk delete semua file originalnya.

Copyright ©jalantikus

Jika sudah terpecah file tersebut nantinya akan diberi nama tambahan berupa angka seperti 001.002.003. dan seterusnya hingga 040. Nah untuk yang bernomor 040 ini kita hapus sehingga total pecahan hanya ada 39 nantinya, gabungkan kembali 39 bagian tersebut menjadi 1 menggunakan Hj-Split.

Ketahui Nih: Cara Mudah dan Cepat Edit Foto dengan Effect Super Keren Tanpa Aplikasi

Copyright ©jalantikus

Lakukan hal serupa untuk semua part bagian dari file yang kalian download, jika sudah tinggal kita resume aja deh maka dengan begini proses download akan berjalan sangat normal kembali.

Perlu diingat jika Cara atasi download yang macet di IDM yang saya bagikan kali ini hanya bisa diterapkan untuk server yang menawarkan fitur resume saja, karena ada beberapa server yang mengharuskan sekali download. Cukup sekian saja cara yang bisa saya bagikan kali ini, selamat mencoba dan semoga berhasil.

baca juga: cara mempercepat proses download di idm dengan mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here