Ini Kelebihan Android Oreo Dibandingkan Android Nougat, Yuk Simak!

0
2010
Android Oreo
Copyright ©AndroidGuys

Kelebihan Android Oreo Dibanding Android Nougat

OKETEKNO.COM – Sistem pengoperasian Android banyak mendominasi sebagai OS smartphone. Sistem operasi besutan Google itupun telah mendapatkan banyak mengalami peningkatan versi setiap tahunnya. Tepat pada 21 Agustus 2017, Google resmi mengumumkan penerus Android Nougat v7.0 yang memiliki nama Android Oreo membawa versi 8.0. terdapat banyak pembaruan dan juga fitur menarik dibandingkan sistem operasi sebelumnya, apa saja ?

Peningkatan Minor

Sistem operasi Android Oreo hadir dengan membawa perubahan tampilan. Meskipun tidak terlalu signifikan namun tampilannya lebih fresh dimana yang mengalami perubahan diantaranya Home Screen, Menu Setting, menu Storage, App Drawer, Notifikasi hingga Menu Battery yang menjadi peningkatan skala kecil.

Baca Juga Waduh, Setelah Update Android Oreo Smartphone Reboot Mendadak

Bukan hanya itu saja, Android Oreo juga mengusung sejumlah fitur menggoda dibandingkan Android Nougat. Beberapa diantaranya ada fitur baru namun juga ada fitur lama yang mendapat pembaharuan menjadi lebih baik.

Fitur yang pertama adalah Autofill yang menjadi fitur baru dimana memiliki fungsi menyimpan data dari setiap form yang telah diisi pengguna contohnya data username beserta password, alamat, email dan lainnya. Sehingga saat pengguna menulis form dengan format sama maka sistem akan memperlihatkan beberapa informasi yang telah disimpan sehingga terisi otomatis dan pengguna tak perlu menulis ulang. Untuk mengaktifkannya pengguna dapat menuju menu setting – system – language & input – advanced – input – assistance – autofill service.

Kelebihan Android Oreo
Copyright ©Istimewa

Selanjutnya pada sistem operasi Android Oreo, google telah memperbaharui kinerja dari Text Selection. Pada smartphone dengan platform Android Oreo fitur Text Selection mampu mengenali formt text dan juga memberikan beberapa opsi atau pilihan. Contohnya saat pengguna memilih text alamat maka fitur ini memberikan opsi membuka Google Maps. Jika kita memilih format nomor telepon maka akan muncul opsi untuk langsung menelpon nomor tersebut dimana fitur tentu lebih pintar dari Android Nougat.

Ada pula fitur Picture-in-Picture yang memungkinkan pengguna mampu menonton maupun streaming video sambil melakukan kegiatan lain sehingga pengalaman multitasking lebih menyenangkan. Fitur ini adalah fitur baru yang belum dimiliki Android Nougat. Selanjutnya Android Oreo juga menawarkan emoji yang lebih komplit dan banyak dibandingkan Android Nougat.

Baca Juga Waduh, Masalah Android Oreo Ini Resahkan Penggunanya

Dalam sistem operasi Android Oreo juga terdapat fitur WiFi Aware atau disebut Neighbor Awareness Networking (NAN) dimana memungkinkan perangkat dapat saling terhubung satu sama lain tanpa aplikasi pihak ketiga atau access point. Alhasil pengguna dapat mengirim atau menerima data lebih cepat dan praktis.

Peningkatan Mayor

Sejumlah fitur yang menjadi peningkatan skala kecil sistem android Oreo tersebut sejatinya telah memberikan pengaruh cukup besar untuk pengalaman komputasi dibandingkan Android Nougat. Namun Android Oreo juga menawarkan pembaharuan yang belum dimiliki pada Android versi lawas diantaranya sebagai berikut.

Pertama adalah Background Limit yang tertanam untuk meminimalisir penggunaan baterai pada smartphone sehingga daya tahan baterai lebih optimal. Seperti yang kita ketahui aplikasi-aplikasi yang berjalan di background menjadi sebab utama baterai cepat habis. Dengan fitur ini maka aplikasi yang tidak digunakan jangka waku tertentu akan dihentikan otomatis.

Kelebihan Android Oreo
Copyright ©Istimewa

Kedua adalah notifikasi atau pemberitahuan dimana pada Android Oreo pengguna dapat mengelola sendiri notifikasi seperti menunda notifikasi selama 30 menit, satu jam bahkan dua jam. Pengguna bahkan dapat mengelompokkan notifikasi dengan berdasar channel tertentu. Selain itu pengguna juga dapat merasakan Quick Preview Notifikasi yakni dengan cara sobat dapat menahan icon aplikasi sehingga pengguna tidak melewatkan pemberitahuan yang masuk.

Ketiga kelebihan Android Oreo juga membawa pembaharuan pada Audio dimana pengembang memang diberkan hak khusus untuk mengelola audio dari aplikasi yang dibuat mereka. Bukan hanya itu saja, sejumlah smartphone tidak lagi menggunakan colokan earphone jack audio. Kini pertama kalinya android membekali sistem operasi dengan Qualcomm apTx yang membuat pengguna akan dimanjakan dengan audio Bluetooth dalam kualitas menjanjikan.

Baca Juga Inilah Presentase Pengguna Android Oreo Hingga Saat Ini di Seluruh Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here