Mengenal Tampilan dan Fitur Baru pada Apple iOS 7

0
4803
Kelebihan iOS 7 Apple

OKETEKNO.COM – Sistem operasi mobile besutan Apple, iOS 7 untuk perangkat iPad, iPhone, dan iPod Touch secara resmi diumumkan oleh Apple. Rumor yang menyatakan bahwa Apple akan merombak sistem operasi mobile iPhone dan iPad secara besar-besaran ternyata terbukti benar. Pada iOS versi 7 ini banyak mengalami perubahan besar dalam sejarah sistem operasi mobile Apple. Pihak Apple mengklaim, dibandingkan dengan sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, iOS 7 memberikan paling banyak perubahan.

Kelebihan iOS 7 Apple

Tampilan baru pada Apple iOS 7 meliputi desain ikon dengan penuh warna baru yang terkesan datar, jenis huruf ramping, tampilan slide to unlock yang baru (dari bawah), begitu juga dengan panel sistem kontrol dan pusat notifikasinya.

1. Tampilan Baru : Desain Ikon Flat

Fitur Terbaru iOS 7

Waktu Apple masih berada di bawah komando Scott Forstall, iOS menganut konsep desain skeuomorphic alias menggunakan tekstur seperti benda-benda fisik tertentu, misalnya pada icon aplikasi Notes yang tampil mirip buku catatan. Kini, tampilan lama itu hilang sudah, berganti icon hasil rancangan baru yang terlihat “rata” tapi tetap familiar.

2. Browser Safari Style Baru

Browser Safari iOS7
Tampilan Browser Safari di iOS7 (Sumber : Apple.com)

Browser default iOS, Safari, kini menggabungkan kolom search dengan URL sehingga pengguna bisa melakukan pencarian dan mengetik alamat website di tempat yang sama, seperti pada browser Google Chrome dan Opera Next. Navigasi tabbed browsing kini juga dipermudah dengan tampilan vertikal yang menyajikan semua tab dari atas ke bawah yang bisa dipilih dengan menyapukan jari. Jumlah tab tak lagi dibatasi hanya delapan. Fitur ini pun mirip dengan yang sebelumnya sudah ada lebih dulu di smartphone Android.

3. Control Center dan Notification

Control Center iOS7
Control Center dan Notification di iOS7 (Sumber : Apple.com)

Inilah salah satu fitur yang benar-benar baru diterapkan pada iOS7. Control Center yang mirip dengan fitur serupa pada Android bisa diakses dengan menyapukan jari dari bawah layar ke atas menyediakan akses langsung ke fungsi-fungsi yang paling sering diatur, seperti WiFi, Bluetooth, dan Airplane Mode. Ada juga tool flashlight yang meniadakan kebutuhan untuk aplikasi third party bagi keperluan ini.

Notification diakses dengan menyapukan jari dari atas layar ke arah bawah dan menyajikan notifikasi yang terbagi dalam tiga tab. Tab pertama memuat seluruh alert, yang kedua menampilkan daftar missed call dan messages, sementara tab ketiga yang bernama “Today” mengingatkan pengguna pada jadwal aktivitas harian.

4. Fitur Kamera Mirip Instagram

Fitur Kamera iOS7
Fitur Kamera pada iOS7 (Sumber : Apple.com)

Aplikasi kamera pada iOS7 menempatkan semua mode pengambilan gambar yang tersedia di tampilan muka sehingga dapat langsung diakses. Kini terdapat pilihan format panorama, video, dan “segi empat” yang mirip Instagram. Ada juga tombol khusus filter untuk menambahkan efek-efek visual pada foto. Filter ini bisa ditambahkan secara real-time, diaplikasikan di lain waktu, ataupun dihilangkan apabila pengguna berubah pikiran.

5. Multitasking

Fitur Multitasking iOS7
Multitasking iOS7 (Sumber : Apple.com)

Akhirnya, gadget mobile Apple bisa menyamai platform lain dalam kemudahan berpindah-pindah antar aplikasi. Daftar aplikasi yang sedang dijalankan bisa diakses dengan menekan tombol home sebanyak dua kali. Untuk menutup aplikasi, pengguna tinggal menggeser “icon” aplikasi yang bersangkutan ke arah atas layar.

6. Fitur AirDrop

Fitur AirDrop iOS7
Layanan AirDrop di iOS7 (Sumber : Apple.com)

AirDrop merupakan layanan file sharing peer-to-peer yang menciptakan jaringan ad-hoc lokal di antara pengguna yang saling berdekatan. Perangkat dengan iOS7 akan mendeteksi perangkat-perangkat lain (yang juga menggunakan iOS7) dan menampilkan wajah pengguna masing-masing di layar. Untuk berbagi foto, pengguna bisa menekan “wajah” teman di layar. Foto kemudian akan dikirim ke perangkat tujuan dengan WiFi dan Bluetooth.

Pengguna juga memiliki opsi “invisible” yang bisa diakses dari Control Center jika sedang merasa tak ingin berinteraksi. Sayangnya fitur yang satu ini hanya akan tersedia untuk tiga perangkat terbaru dari Apple, yaitu iPhone 5, iPad generasi ke-4, dan iPad Mini.

7. iTunes Radio

Aplikasi iTunes kini menyediakan layanan mirip Pandora, Google Music, maupun Spotify dengan mencakup siaran-siaran radio. Seperti sebelumnya, iTunes akan terikat dengan Apple ID pengguna.

8. Fitur Siri Yang Lebih Pintar

Aplikasi digital voice assistant pada iOS yang lebih dikenal dengan nama Siri kini mendapat sejumlah fungsi baru, seperti tambahan suara laki-laki di samping suara perempuan pada versi sebelumnya. Siri pada iOS7 juga mampu mengatur fungsi-fungsi perangkat seperti menaik-turunkan brightness layar, menyalakan Bluetooth, dan lain sebagainya.

9. Facetime Audio

Lebih suka panggilan suara dibanding video? Kemampuan tersebut kini sudah tersedia lewat Facetime Audio yang mentransmisikan suara lewat jaringan WiFi.

10. Automatic Update

App Store kini bisa melakukan update aplikasi secara otomatis. Fitur automatic-update ini bisa dimatikan di layar setting apabila dirasa tidak diperlukan. Selain deretan fitur yang disebutkan di atas, masih banyak lagi hal baru yang ditambahkan Apple pada iOS7, seperti aplikasi cuaca baru dan photo-sharing melalui iCloud.

Serta beberapa fitur baru lainnya di iOS 7 :

  • Unlock the phone, and icons drift down
  • Revamped weather app shows dynamic weather animations onscreen; pinch for all-city overview
  • iCloud photo-sharing
  • iCloud keychain remembers sensitive data
  • Long MMS support
  • Swipe from day to day in Calendar
  • Phone, FaceTime, and Message blocking
  • View PDF annotations
  • Activation lock to protect against theft
  • Support for 60fps video capture
  • Airdrop from activity sheet
  • Background asset downloads
  • Inclinometer support

Sayangnya, pengguna yang tertarik upgrade harus bersabar menunggu lebih lama lagi karena iOS7 disebutkan baru akan tersedia sekitar kuartal ketiga tahun ini. Apple pun belum menyebutkan tanggal pasti untuk ketersediaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here