Keren, Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL Tak Memerlukan Kartu SIM

0
480
eSIM Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL
Copyright ©Phonearena

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL Dibekali eSIM

OKETEKNO.COM – Google resmi memperkenalkan dua smartphone android terbarunya di seri Pixel yang bernama Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL. Kabarnya dua smartphone kelas atas tersebut dibekali fitur canggih termasuk mejadi smartphone pertama yang dapat digunakan untuk berkomunikasi tanpa menyematkan kartu SIM lho. Lantas bagaimana cara kerja Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL tanpa kartu SIM ini ? Simak ulasannya berikut ini.

Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL memang tetap dibekali dengan slot Nano SIM pada spesifikasinya. Namun kedua perangkat ini dapat digunakan berkomunikasi tanpa kartu SIM dimana Google telah menyematkan eSIM yang berfungsi memverifikasi akun selular dari penggunanya.

Baca Juga Inilah Video Teaser Jadwal Rilis Google Pixel 2 dan Pixel XL 2

Namun ada syarat agar fitur tersebut dapat difungsikan. Syaratnya yaitu pengguna Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL merupakan pelanggan atau subscriber Project Fi yaitu Mobile Virtual Network Operator (MVNO) dari Google. Project tersebut menyediakan layanan telepon, SMS dan juga internet dimana merupakan project kolaborasi Google dengan berbagai operator di seluruh dunia.

Sampai saat ini memang belum ada ponsel tau smartphone yang menggunakan standar eSIM seperti yang diterapkan pada Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL. Teknologi canggih tersebut memang baru saja diimplementasikan oleh Apple pada produk Apple Watch generasi ketiga.

eSIM Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL
Copyright ©Phonearena

Dengan teknologi eSIM yang diterapkan pada smartphone Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL ini tentunya pengguna tak perlu lagi membeli kartu SIM. Bahkan terkoneksi dengan layanan eSIM sangat cepat seperti mengkoneksikan smartphone dengan Wi-Fi.

Untuk mengkoneksikan eSIM dalam smartphone Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL ke jaringan Project Fi ini menggunakan Google Store. Namun jika sudah menjadi pelanggan Project Fi maka pengguna hanya cukup mengaktifkan dalam dua perangkat baru Google tersebut. Pasalnya Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL memiliki pilihan “SIM-free’ dalam pengaturan yang jika dipilih maka Google akan mengatur koneksi via Project Fi.

Baca Juga Ungkapan FCC Mengenai Google Pixel 2, Apakah Itu?

Usut punya usut eSIM sendiri dinilai merupakan cara praktis untuk para pengguna smartphone di waktu yang akan datang terutama pengguna yang sering ganti perangkat. Tidak perlu lagi membongkar kartu SIM fisik karena pengguna hanya perlu bergabung di Project Fi serta memverifikasi eSIM pengguna secara digital.

Kendati memiliki fitur eSIM, maka pengguna Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL tetap dapat menggunakan kartu SIM fisik bertipe Nano. eSIM hanya dijadikan sebagai pilihan untuk membuat pengguna lebih praktis dalam berkomunikasi dimana ditujukan untuk pengguna di negara yang telah diekspansi project Fi. Bagaimana sobat, tertarik mencoba fitur eSIM di Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL ini ?

Bca Juga Resmi Diluncurkan, Berikut Jadwal Penjualan Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here