Berikut Tips Menjaga Privasi Smartphone Kalian dari Berbagai Ancaman

0
673
Copyright ©oketekno

Berikut Tips Menjaga Privasi Smartphone Kalian dari Berbagai Ancaman

Oktekno.com – Privasi seseorang di Zaman sekarang ini sudah sangat rentan sekali karena banyak orang yang tanpa sadar mengumbar privasinya di beberapa akun sosial media miliknya. Contohnya saja seperti mengunggah foto di facebook, twitter, Instagram, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya sharing foto saja guys, beberapa diantara mereka ada yang mengutarakan semua perasaannya secara terang-terangan di akun sosmed miliknya. Namun pernah tidak sih kalian juga menyadari jika beberapa aplikasi yang tanpa sengaja merampok privasi kalian yakni dengan cara mengambil semua data-data yang ada di Smartphone kalian?

Ketahui Nih: Cara Cepat Edit Foto Tanpa Bantuan Aplikasi Editing

Kita ambil contoh saja seperti aplikasi Uber, aplikasi tersebut dapat melacak sang pengguna hanya dalam waktu 5 menit setelah perjalanan berakhir, hal inilah yang ditakutkan oleh beberapa pengguna karena merasa diri mereka terancam. Namun pihak Uber mengungkapkan jika hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas Estimated Time of Arrival (ETA) untuk mengetahui lokasi penjemputan pelanggan yang lebih baik.

Copyright ©oketekno

Nah untuk menjaga privasi kalian supaya lebih aman, perlu disimak nih tips menjaga privasi Smartphone dari berbagai ancaman berikut ini:

Baca Yuk: Cara Mudah Membuat Lokasi Palsu Di Semua Smartphone Tanpa Root

Hati-hati Mengunggah Foto di Berbagai Situs Sosial Media

Copyright ©TLsits

Seorang penjahat dapat dengan mudah melacak lokasi kalian melalui beberapa foto yang telah diunggah di akun sosial media salah satunya yakni Facebook. Hal ini dikarenakan adanya fitur GPS yang terhubung dengan aplikasi kamera pada Smartphone kita, hal semacan ini biasa disebut dan dikenal dengan “Geotagging”.

Untuk mematikan fitur tersebut kita dapat mematikan fitur lokasi ini secara manual melalui opsi setting maupun langsung di aplikasi kamera yang terpasang pada Smartphone Android maupun iPhone kalian.

Simak Nih: Trik Jadikan Google Chrome Android Kalian Lebih Canggih dan Keren

Perhatikan Pengaturan Lokasi

Copyright ©suratkabar

Tips menjaga privasi Smartphone dari berbagai ancaman yang kedua adalah Pengaturan Lokasi, secara otomatis riwayar lokasi akan tersimpan pada perangkat Smartphone kita, nah dengan begini kalian juga harus mewaspadai hal tersebut karena riwayat lokasi juga dapat mengancam privasi kalian. Untuk pencegahan kita dapat mematikan “location history” pada perangkat yang kita miliki.

Ketahui Juga: Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Menyentuh Layar Smartphone

Jangan Asal Terima Permintaan Aplikasi

Copyright ©googleplay

Ketika kita akan melakukan pemasangan aplikasi biasanya akan muncul sebuah permohonan izin untuk beberapa hal, mulai dari data pribadi, pembacaan file, GPS, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di sini kalian dapat menolak perizinan tersebut dan mengaktifkannya ketika benar-benar membutuhkan setelah pemasangan aplikasi tersebut selesai.

Itulah guys beberapa tips menjaga privasi Smartphone dari berbagai ancaman yang dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari supaya perangkat kalian tetap aman dari berbagai ancaman yang mengintai kalian.

baca juga: Cara Mudah Melacak Seseorang Hanya Gunakan Nomor HandPhone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here