Gawat! OnePlus Kumpulkan Data Penggunanya Tanpa Izin

0
431
Copyright ©oketekno

Gawat! OnePlus Kumpulkan Data Penggunanya Tanpa Izin

Oketekno.comKeamanan data pribadi merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan untuk memilih perangkat pintar saat ini, karena hampir semua informasi mengenai privasi diri kita tanpa sengaja tersimpan pada perangkat Smartphone milik kita.

Jika sampai data privasi kita terunggah dan terekspos di dunia maya bisa gawat karena nyawa kita bisa-bisa juga terancam. Bagi kalian yang memiliki perangkat Smartphne OnePlus harap berhati-hati saja karena selama ini perusahaan tersebut mengumpulkan data pribadi kita secara diam-diam.

Simak Nih: Tips Cara Mendapatkan Ketenangan Hidup Hanya Gunakan Aplikasi Smartphone

Setelah sekian lama kejadian seperti ini baru saja diketahui oleh salah seorang pengamat teknologi dan blogger yang berasal dari Inggris bernama Chris Moore. Ia melaporkan jika OnePlus diam-diam telah mengumpulkan data privasi para pengguna Smartphone tersebut tanpa sepengetahuan para penggunanya sendiri.

desain OnePlus 6
Copyright ©GSMArc

Menurutnya fitur keamanan terbaru seperti pemindai sidik jari, face recognition alias pemindai wajah ini seharusnya dapat menjaga keamanan perangkat kita supaya tidak jatuh ke tangan yang salah, akan tetapi kelihatannya cukup sulit untuk mencegah para vendor Smartphone salah satunya yakni OnePlus untuk mendapatkan data pribadi Anda.

Sebenarnya semua Vendor Smartphone bisa saja mendapatkan data diri dari sang pengguna setiap saat walaupun mungkin di kemdian hari perusahaan tersebut akan menghadapi masalah hukum dengan menyimpan salinan sidik jari maupun sensor wajah sang pengguna di Arsip.

Ketahui Yuk: Cara Hack Sensor Fingerprint Untuk Semua Perangkat Pintar

Chris Moore memberikan pernyataan jika Smartphone OnePlus mencatat semua informasi dari sang penggunanya kemudian di kirimkan ke server OnePlus yang beralamatkan di “open.oneplus.net”, beberapa data yang telah dikirimkan perangkat tersebut ke server diantaranya adalah:

  • Reboot timestamp
  • Screen on/off timestamp
  • Application timestamp
  • Phone’s IMEI(s)
  • Phone Numbers
  • Mac Addresses
  • Mobile Network(s): Names  and IMSI prefixes
  • Wireless network ESSID and BSSID the Phone’s Serial Number

Ketika Smartphone OnePlus tersebut mengirimkan data pribadi itu, sang pengguna sama sekali tidak dimintai perizinan alias langsung dikirimkan begitu saja ke Server OnePlus. Sayangnya hingga saat ini pihak OnePlus masih belum memberikan informasi apapun mengenai permasalahan yang sudah beredar luas kali ini, jika hal ini memang benar maka kepercayaan para konsumen untuk membeli perangkat tersebut akan turun drastis.

baca juga: berikut tips menjaga keamanan privasi smartphone kita dari berbagai ancaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here