Wahhh!!! OnePlus Kepergok Collect Data Pengguna Tanpa Izin, Benarkah?

0
1013
OnePlus
Copyright ©GizChina

OnePlus Kepergok Collect Data Pengguna Tanpa Izin, Benarkah?

Oketekno.com – Kabar terbaru yang saat ini menjadi pertimbangan pada saat akan membeli smartphone, adapun pertimbangan tersebut yaitu keamanan data pengguna.

Bila data pengguna bocor maka hal buruk untuk perangkat yang sedang digunakan tersebut. Anda simpan banyak data pribadi di smartphone tersebut, dan ternyata masih kecolongan juga untuk pengumpulan data pribadi pengguna dan hal tersebut terjadi pada vendor OnePlus. Benarkah?

Baca Juga Bocoran Spesifikasi OnePlus 6 Dukung Empat Kamera+Layar AMOLED

Hal tersebut diketahui dari sang pengamat teknologi dan juga blogger yang bertempat tinggal di Inggris bernama Chris Moore telah memberikan laporan kalau OnePlus diam-diam kumpulkan data pengguna tanpa izin penggunanya.

Pendapat Chris bahwa fitur keamanan terbaru seperti fingerprinty sensor, dan juga deteksi wajah bisa membantu untuk keamanan smartphone supaya handset dan juga file yang sudah anda simpan dalam ponsel tidak kebobolan. Tetapi nampaknya agak sulit bila cegah pihak produsen smartphone untuk dapatkan data penggunanya.

OnePlus
Copyright ©GizChina

Vendor smartphone bisa saja inginkan meskipun ada kemungkinan akan hadapi masalah hukum di lain hari. Adanya penyimpanan salinan sidik jari anda yang terdapat di arsip dan smartphone yang cukup canggih bisa dengan mudah untuk simpan data meskipun dengan pengenalan wajah.

Baca Juga Gawat! OnePlus Kumpulkan Data Penggunanya Tanpa Izin

Bagi Moore, smartphone OnePlus telah mencatat sebuah informasi dari smartphone yang akan dikirm ke sever OnePlus di ‘open.OnePlus.net’ data yang dikirim dari smartphone OnePlus terdiri dari: reboot timestamp, screen on/off timestamp, application timestamp, Phone’s IMEI(s), phone numbers, MAC addresses, mobile network(s) names and IMSI prefixes, dan wireless network ESSID and BSSID the phone’s serial number.

Diketahui smartphone OnePlus ini tidak meminta izin sama sekali ke pengguna ponsel untuk kirimkan data ke server OnePlus tersebut. Dari sinilah menjadi pusat perhatian banyak orang yang memiliki ponsel OnePlus dan menyimpan data pribadinya di ponsel tersebut.

Cukup disayangkan, sampai saat ini pihak OnePlus belum memiliki tanda-tanda untuk memberikan penjelasan lebih lanjut atas kabar tersebut. Bila hal ini memang benar adanya maka pihak OnePlus langsung berhadapan masalah yang cukup besar dengan konsumen yang sudah mempercayai produknya.

Baca Juga Daftar Harga Smartphone Coolpad Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here