Alasan Nokia Ber-Platform Android

0
1910

OKETEKNO.COM | Nokia memang telah merilis flagship baru di bidang smartphone khususnya untuk jajaran smartphone dengan platform Android. Adalah Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL. Lalu apakah alasannya hingga Nokia beralih menggunakan Android? Bagaimana dengan nasib Windows Phone selanjutnya? Pertanyaan – pertanyaan seperti itu banyak menghiasi fikiran para pengamat perkembangan teknologi, dan beberapa kemungkinan di bawah ini adalah yang bisa menjadi alasan kenapa Nokia “berselingkuh” dengan platform android yang bisa redaksi OKETEKNO.COM simpulkan untuk anda.

Nokia Android

Aplikasi di Windows Phone Terlalu Sedikit

Android dan Windows Phone adalah sistem operasi yang berbeda. Sebagai sistem operasi yang berbasis open source, Android mendapatkan keuntungan dari para pengembang aplikasi dengan adanya jutaan aplikasi yang beragam sehingga penggunaan android lebih banyak daripada windows phone. Itulah alasan utama yang bisa menjadi faktor kepincutnya Nokia terhadap Android. Karena jika Nokia hanya mengembangkan Windows Phone, maka perkembangan Nokia akan berhenti di situ – situ saja.

 

Perangkat Android Lebih Ekonomis

Perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Android di nilai lebih terjangkau bila di lihat dari segi metarial dan perawatannya. Itu berbanding terbalik dengan sistem operasi berbasis Windows Phone yang membutuhkan spesifikasi lebih gahar untuk bisa menjalankan sistemnya. Dengan harga ekonomis, Android bisa melaju dengan stabil, sedangkan untuk Windows Phone harus berfikir berulang – ulang bila akan menjual handsetnya pada harga kelas menengah.

 

Sebagai Pelaris Nokia App Store

Memang dalam meluncurkan Nokia X, Nokia X+ dan Nokia XL yang notabene adalah smartphone berbasis Android, Nokia tidak memperlengkapinya dengan dukungan layanan dari Google Play Store. Indikasi yang berkembang adalah Nokia memang sengaja ingin memperkaya aplikasi di toko online miliknya, yaitu Nokia App Store. Dengan begitu nanti akan ada banyak orang yang mengaksesnya.

 

Nokia Ingin Terkenal Lagi

Dengan Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL, sudah jelas bahwa Nokia mulai mengikuti trend Android yang lebih dahulu di populerkan oleh jajaran smartphone milik Samsung, Sony, HTC, dan masih banyak lagi. Dengan adanya produk android milik Nokia, maka bisa di bayangkan sebentar lagi Nokia mungkin akan kembali menjadi salah satu vendor penguasa bidang smartphone.

 

Baca juga Sony Kenalkan Tiga Perangkat Sekaligus Dalam MWC 2014

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here