Apple Terancam Diblokir di Tiongkok Karena Qualcomm, Masalah Apa?

0
535
Copyright ©CNN

Apple Terancam Diblokir di Tiongkok Karena Qualcomm, Masalah Apa?

Oketekno.com – Persaingan antara Qualcomm dan Apple hingga saat ini masih belum mereda juga, dan kabarnya baru-baru ini kedua raksasa teknologi tersebut kembali memanas lantaran perusahaan yang cukup terkenal dengan teknologi Chipset Snapdragonnya itu berusaha untuk menjatuhkan pemasarannya di Tiongkok.

Qualcomm mengajukan gugatan paten di Tiongkok dengan cara melarang seluruh perangkat besutan Apple terutama iPhone untuk beredar di pasaran Smartphone wilayah Negeri panda tersebut.

Simak Nih: Muncul di Geekbench, Berikut Spesifikasi Smartphone Gaming Razer

Untuk permasalahannya sendiri masih sama dengan beberapa kasus yang terdahulu yakni tuduhan kalau Apple telah memakai hak paten teknologi milik Qualcomm tanpa membayar royalti yang sesuai dengan prosedur bisnis.

Copyright ©CNN

Apple menggunakan teknologi kami tanpa membayar royalti apapun” seperti itulah ungkapan dari salah satu juru bicara Qualcomm yang bernama Christine Trimble yang diliput oleh salah satu sumber 2 hari yang lalu, tepatnya tanggal 14 Oktober 2017 kemarin.

Permasalahan ini diajukan sebagai gugatan hukum melalui pengadilan hak kekayaan intelektual Beijing pada tanggal 29 September 2017 yang lali. Selain itu perusahaan Qualcomm juga meminta Apple untuk mengganti rugi atas kecurangannya selama ini.

Ketahui Yuk: Apple Jalin Kerjasama dengan LG, Hadirkan iPhone yang Bisa Dilipat di Tahun 2020?

Gugatan tersebut diajukan oleh Qualcomm berdasarkan pelanggaran mengenai tidak paten esensial non-standar diantaranya yakni teknologi pengelolaan daya dan juga layar sentuh Force Touch yang mana sudah dibekalkan pada perangkat Smartphone iPhone milik Apple.

“Itu hanya sekelumit contoh dari berbagai teknologi Qualcomm yang digunakan Apple untuk memperkaya fitur iPhone serta meningkatkan keuntungan penjualannya” begitulah ungkapan Christie Trimble ketika ditanya mengenai permasalahan apa yang sudah diambil keuntungannya oleh Apple.

Dengan adanya tudingan ini perusahaan mewah asal Amerika juga tidak tinggal diam, Apple membantah beberapa hal yang ditudingkan oleh Qualcomm. Perusahaan tersebut mengatakan jika kerjasamanya selama ini dengan Qualcomm tidak ada pembahasan apapun mengenai hak paten yang dicantumkan dalam gugatan tersebut.

Waduh, jika benar iPhone akan diblokir di Tiongkok kemungkinan besar perusahaan tersebut akan mengalami penurunan penjual dalam jumlah yang cukup banyak, pasalnya negeri asal Xiaomi tersebut merupakan negeri yang mengonsumsi Smartphone iPhone terbanyak di seluruh Dunia.

baca juga: Samsung Knox Akan Lebih Aman Lantaran Campur Tangan BlackBerry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here