Apple Kewalahan Produksi Sensor FaceID pada iPhone X, Kenapa ?

0
1019
iPhone X
Copyright ©vox

Apple Kesulitan Untuk Besut Sensor FaceID pada iPhone X

OKETEKNO.COM – Smartphone premium kelas atas yakni iPhone X memang telah resmi diumumkan sebagai flagship anyar dari Apple. Namun nyatanya smartphone premium tersebut masih juga belum dirilis ke pasaran sampai saat ini. Ternyata vendor dari Amerika Serikat tersebut lebih memilih untuk menunda waktu perilisan smartphone monster besutannya sedikit lebih lama lantaran terkendala teknis. Benarkah hal itu lantaranApple kewalahan untuk memproduksi sensor FaceID ?

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa salah satu kendala teknis yang cukup serius memang tengah dialami dalam produksi iPhone X diantaranya adalah terkait komponen utama dalam fitur canggih yang digembor-gemborkan. Ya, Apple kesulitan dalam memproduksi sensor pemindai wajah atau FaceID pada iPhone X. Pihak penyuplai yang memproduksi sensor tersebut bahkan mengakui bahwa ia kesulitan mengembangkan sensor FaceID lantaran beberapa masalah.

Baca Juga Fitur iPhone X Diprediksi Bakalan Diikuti Smartphone Android, Benarkah ?

Seperti yang dilansir dari Nikkei Asian Review via Ubergizmo pada Senin (16/10/2017), menyebutkan informasi bahwa salah satu masalah yang tengah dihadapi penyuplai FaceID pada iPhone X adalah maslaah peletakan proyektor dot untuk TrueDepth dalam kamera depan. Perlu diketahui TruDepth sendiri memang menjadi salah satu alat penting yang menunjang teknologi FaceID atau pemindai wajah pada perangkat dengan harga selangit ini.

Sementara itu proyektor dot sendiri adalah komponen yang memproyeksikan 30 ribu titik ke wajah penggunanya sehingga mampu menghasilkan ‘peta’ wajah untuk proses pemindaian yang lebih mudah atau fitur Face ID iPhone X. Komponen tersebut juga kerap digunakan untuk menciptakan animoji atau emoji yang dapat bergerak-gerak.

iPhone X dengan fitur FaceID
Copyright ©Apple

Analis industri teknologi dari Yuanti Investment Consulting bernama Jeff Pu menyebutkan bahwa produksi komponen kamera yang menggunakan teknologi TrueDepth memang tidaklah mudah. Oleh sebab itu, masalah ini dapat mempengaruhi proses produksi massal dari iPhone X sendiri.  Kendati demikian ia berpendapat hal itu dapat diatasi oleh Apple sehingga smartphone iPhone X dapat diproduksi massal dan pengapalannya akan berlangsung di pekan ketiga Oktober 2017 dimulai dari Tiongkok.

Baca Juga Berikut Waktu yang Dibutuhkan Apple Untuk Menggarap iPhone X

Sementara itu pihak Apple sendiri mengakui bahwa mereka membutuhkan waktu lima tahun untuk mengembangkan flagship iPhone X. Hal itu diungkapkan sendiri oleh Chief Design Officer Apple yakni Jony Ive dimana tim di Apple memang bekerja keras hingga lima tahun terakhir ini demi mengembangkan project iPhone X dimana dalam prosesnya juga mengalami kegagalan dan tidak selalu berhasil.

Kendati demikian Apple nyatanya berhasil mengatasi kegagalan selama pengembangan iPhone X hingga mereka resmi mengumumkannya bulan September 2017 lalu. Bukan hal mustahil jika Apple juga mampu mengatasi masalah pasokan untuk pembuatan sensor FaceID ini sendiri bukan ?

Baca Juga Akankah Apple Riliskan iPhone 8 dan iPhone X di Indonesia Dalam Waktu Dekat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here