OnePlus Akui Ambil Data Pengguna Untuk Kembangkan Fitur Ini, Apa?

0
647
one plus
Copyright ©faber

OnePlus Akui Ambil Data Pengguna Untuk Kembangkan Fitur Ini, Apa?

Oketekno.com – Beberapa waktu yang lalu ada sebuah kabar kurang mengenakkan dari perusahaan OnePlus, pasalnya perusahaan tersebut secara diam-diam telah mengumpulkan seluruh data pengguna Smartphone OnePlus ke Server pusat miliknya tanpa meminta Izin terlebih dahulu dari pemiliknya.

Untuk temuan ini pertama kali diungkapkan oleh Software Engineer yang bernama Christopher Moore pada awal bualn Oktober ini. Tanpa menunggu waktu yang lama, kabar tersebut langsung tersebar di beberapa media dan juga sosial media.

Ketahui Juga: Awas! OnePlus Kumpulkan Data Penggunanya Tanpa Izin

Setelah beberapa hari berlangsung akhirnya pihak perusahaan OnePlus memberikan tanggapan tersebut dan mengaku bahwa berita yang sudah tersebar luas itu benar adanya. Kira-kira untuk kebutuhan apa ya sampai-sampai Oneplus melakukan hal ini? berikut pernyataannya.

one plus
Copyright ©faber

“Alasan kami mengumpulkan informasi dari perangkat adalah untuk peningkatan software OxygenOS dan menyediakan layanan purna jual yang mumpuni” seperti itulah yang diungkapkan oleh perwakilan dari perusahaan OnePlus.

Terlebih lagi pihak OnePlus juga menjamin jika informasi pribadi yang telah diambil dari seluruh penggunanya tidak akan disebarkan ke pihak ketiga dan keamanannya telah dijamin oleh perusahaan tersebut.

Simak Nih: Cara Mempercepat Download Video Youtube di Smartphone

Selain itu OnePlus juga mengatakan jika tidak semua data pribadi sang pengguna Smartphone miliknya diambil dan dimasukkan ke Server Pusat melainkan beberapa user yang ikut berpartisipasi dalam Experience Program saja. Bagi sang pengguna yang menginginkan untuk berpartisipasi atau tidak bisa dipilih sebebasnya melalui opsi Setting di seluruh ponsel OnePlus.

Jika kita mengingat beberapa berita sebelumnya, menurut Christopher Moore informasi pribadi yang telah dihimpun oleh OnePlus diantara lain adalah Nomor Seri dan IMEI perangkat, Nomor Telephone, Nama Jaringan seluler yang digunakan, jaringan Wi-Fi, dan aplikasi apapun yang dibuka sekaligus waktu pembukaannya.

Ia menemukan permasalahan dari OnePlus ini setelah dirinya mengalihkan lalu lintas internet Smartphone OnePlus 2 miliknya melalui alat keamanan yang bernama OWASP ZAP, dan hasilnya menunjukkan jika perangkat miliknya itu telah mengirimkan data ke Server OnePlus.

Baru-baru ini pihak OnePlus juga memberikan informasi jika pihaknya akan mulai berhenti untuk mengumplkan data pribadi sang penggunanya pada akhir Oktober 2017 mendatang.

baca juga: cara melindungi data dan  file supaya aman dari orang lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here