Snapdragon X50, Teknologi 5G Pertama Dunia Dari Qualcomm

0
708
Snapdragon X50
Copyright ©androidheadlines

Snapdragon X50, Teknologi 5G Pertama Dunia Dari Qualcomm

Oketekno.com – Belum lama ini dunia Teknologi dihebohkan mengenai type jaringan yang terbaru yakni 5G, banyak perusahaan yang telah mengembangkan teknologi dengan basis jaringan tersebut akan tetapi perusahaan Qualcomm lah yang berhasil untuk menciptakan teknologi tersebut.

Beberapa kalangan berpendapat jika teknologi yang mendukung jaringan 5G ini masih jauh untuk dihadirkan, akan tetapi Qualcomm membantah pemikiran tersebut karena pihaknya telah mengungkapkan jika tidak lama lagi Smartphone dengan dukungan jaringan 5G akan berada di tangan konsumen.

Simak Nih: Microsoft dan iOS Dijamin Aman dari Serangan KRACK, Bagaimana dengan Android?

Untuk mendapatkan dukungan jaringan tersebut, perangkat Smartphone nantinya harus dilengkapi dengan teknologi besutan Qualcomm yang bernama Snapdragon X50. Beberapa tahun terakhir ini demo jaringan 5G telah diperlihatkan di berbagai pameran dagang, salah satunya yakni di ajang MWC.

Snapdragon X50
Copyright ©androidheadlines

Akan tetapi pada saat demo tersebut tidak ada satupun perangkat yang memiliki ukuran pas untuk disematkan di perangkat Smartphone untuk sampai pada kecepatan yang sesuai dengan standar teknologi 5G. Dan baru-baru ini perusahaan Qualcomm telah berhasil untuk mewujudkan sebuah modem yang ramping dan ringkas yang mana nantinya dapat terintegrasi dengan sebuah chipset yang dapat ditanamkan pada perangkat Smartphone.

Ketahui Yuk: iPhone X Mulai Dikirimkan, Berikut Negara Tujuan Pertamanya!

Untuk modem Snapdragon X50 ini mampu menghasilkan kecepatan jaringan lebih tinggi daripada jaringan 4G LTE karena bergerak pada pita frekuensi radio 28GHz mmWave. Pihak Qualcomm sendiri juga telah meluncurkan sebuah perangkat yang telah dilengkapi dengan modem Snapdragon X50 ini, dan tebalnya sendiri hanya sekitar 9mm saja.

Tujuan pengembangan perangkat referensi ini bukan untuk dijual kepada para konsumen di tahun 2017 ini melainkan hanya untuk sekedar uji coba konsumsi daya, kinerja dan juga aspek lain dari Snapdragon X50 ini. Kemungkinan besar teknologi ini baru bisa dihadirkan mulai tahun 2019 mendatang.

Tidak hanya menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi, 5G nantinya juga akan menggunakan band spektrum yang jauh lebih tinggi juga, jika 4G LTE menggunakan spektrum lower band hingga 3GHz, teknologi 5G ini nantinya akan menggunakan spektrum 28GHz, 29Ghz, dan jauh lebih tinggi lagi. Kita tunggu saja kedatangannya beberapa tahun mendatang untuk merasakan sendiri bagaimana merasakan kecepatan jaringan 5G ini.

baca juga: cara internetan hanya gunakan jaringan 4g saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here