iPhone X dan iPhone 8 Series Penuhi TKDN, Segera Hadir di Indonesia ?

0
808
Apple iPhone X
Copyright ©GSMArena

Trio iPhone Kantongi Sertifikat TKDN, Segera Dijual di Indonesia!

OKETEKNO.COM – Pabrikan smartphone kelas atas Apple memang telah memperkenalkan trio iPhone andalannya pada bulan September 2017 lalu yaitu iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di sejumlah negara. Ketiga iPhone tersebut menawarkan spesifikasi premium kelas atas yang dibanderol dengan harga tidak murah. Meskipun belum ada pengumuman resmi trio iPhone premium itu bakal hadir di Indonesia, namun ketiganya dikabarkan telah kantongi sertifikasi TKDN.

Hal tersebut diketahui dalam daftar inventarisasi barang dan juga jasa pada sertifikasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yakni bernomor 353/ILMATE/TKDN/10/2017. Terdaftar sebuah perangkat dengan nama iPhone X (A1901) dimana memiliki nilai TKDN mencapai 30 persen. Tak hanya itu saja, terdapat pula dua sertifikat TKD lainnya yang sama-sama terbit ada 13 Oktober 2017 dimana menyebut iPhone 8 serta iPhone 8 Plus mendapat sertifikasi sama.

Baca Juga iPhone X Mulai Dikirimkan, Berikut Negara Tujuan Pertamanya!

Tak hanya itu saja, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementrian Perindustrian bernama I Gusti Putu Suryawirawan saat ditemui usai pengumuman pemenang Indonesia Next Apps 4.0 di Jakarta, Senin (9/10/2017) mengungkapkan iPhone X segera masuk di Indonesia. Dilansir dari laman detikINET, beliau mengungkapkan akan ada beberapa model yang didaftarkan menjadi bagian investasi Apple di Indonesia termasuk smartphone iPhone X.

Sayangnya terkait kapan pastinya trio iPhone terbaru itu dijual di Indonesia belum ada informasi resmi. Untuk diketahui iPhone 8 series resmi diumuman pada 12 September dan dipasarkan lebih dulu pada 22 September 2017 lalu. Sedangkan iPhone X kabarnya akan dipasarkan pada 3 November 2017 mendatang setelah sempat dikabarkan pasokan penginderaan 3D terkendala.

iPhone X dan iPhone 8 Series Penuhi TKDN
Copyright ©Kemenperin

Spesifikasi iPhone 8 yang siap dihadirkan di Indonesia ini menawarkan bentang layar seluas 4.7 inchi dengan panel LED Backlit IPS dengan kamera tunggal 12 MP di bodi belakangnya. Sementara spesifikasi Phone 8 Plus hadir dengan spek lebih gahar dalam bentag layar 5.5 inchi dalam panel layar sama namun memiliki dual kamera belakang beresolusi 12 MP yang menjadi daya tarik utamanya.

Dan untuk spesifikasi iPhone X yang akan rilis di Indonesia ini hadir dengan konsep layar bezelless dalam aspek rasio 18:9 seluas 5.8 inchi mengadopsi panel Super AMOLED. Layarnya terbentang luas tanpa tombol home maupun tombol kapasitif. Sejumlah ketangguhan dimiliki iPhone X dengan dibekali dual kamera 12 MP dengan fitur OIS pada kedua kameranya. Fitur Potrait Lighting pada kamera depan siap memberikan peningkatan cahaya sehingga bdikan lebih cerah dan terang natural.

Baca Juga Apple Kewalahan Produksi Sensor FaceID pada iPhone X, Kenapa ?

Yang menarik iPhone X yang siap dirilis di Indonesia ini juga dibekali fitur pembuatan emoji berdasarkan ekspresi muka dari pengguna. Selanjutnya akan diterapkan pada puluhan karakter emoji yang telah tersedia dimana fitur ini belum dimiliki oleh iPhone generasi terdahulu. Fitur penginderaan 3D atau Face ID juga siap menjadi fitur andalan yang belum dimiliki oleh smartphone lain.

Untuk urutan penjualan trio iPhone terbaru di Indonesia kemungkinan berkaca pada pasar Amerika Serikat dimana iPhone 8 dan iPhone 8 Plus akan dipasarkan lebih dulu dibandingkan iPhone X. Kendati ketiganya telah terdaftar di situs Kementrian Perindustian namun trio iPhone tersebut belum nampak dalam daftar sertifikasi Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Kemenerian Komunikasi dan Informatika.

Baca Juga Tak Jadi Tertunda, Produksi iPhone X Terus Meningkat dan Siap Dipasarkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here