Berikan Diskon Besar, Smartphone Buatan Bapak Android Tak Laku?

0
2044
Essential, Ponsel Bapak ANdroid
Copyright ©Essential

Smartphone Buatan Bapak Android Tak Laku dan Didiskon Besar

OKETEKNO.COM – Smartphone Essential yang merupakan ponsel cerdas buatan Bapak Android, Andy Rubin memang telah meluncur ke pasaran dan berhasil menyita perhatian para pecinta gadget. Pasalnya desain smartphone ini begitu indah dan mewah ditambah merupakan buatan dari seorang yang menciptakan sistem operasi android. Sayangnya beberapa kritikan mulai mendera ponsel ini yang membuatnya tak laku di pasaran. Berbagai strategi digencarkan untuk membuat smartphone Bapak Android ini laku termasuk memberikan diskon besar-besaran.

Sejumlah kritikan yang ditujukan untuk smartphone Essential dimulai dari software yang dibenamkan hingga kinerja kameranya yang diklaim lambat. Selain itu minimnya fitur juga membuat perangkat ini jadi sasaran kritikus gadget. Sontak saja Essential pun secara diam-diam memberikan perbaikan software dan kameranya meskipun belum sempurna sepenuhnya.

Baca Juga Berikut Alasan Resmi Absennya Jack Audio 3.55mm Pada Essential Phone

Kritikan yang mendera ponsel Bapak Android ini membuatnya bahkan tak laku dipasaran pada tahap awal penjualannya. Berdasar laporan data dari BayStreet yakni perusahaan pemantau pengapalan ponsel di Amerika Serikat, hanya terdapat 5000 unit smartphone Essential yang telah terjual di pasar Amerika Serikat semenjak pertama kali dirilis.

Essential, Ponsel Bapak ANdroid
Copyright ©Essential

Tentunya angka 5000 unit merupakan angka kecil untuk pengapalan sebuah smartphone meskipun untuk perusahaan yang benar-benar baru saja muncul di pasaran. Kendati demikian angka tersebut juga diklaim wajar mengingat Essential baru saja meluncurkan ponsel Bapak Android pada September 2017 yang memang telat beberapa bulan dari jadwal yang seharusnya.

Dilansir dari PhoneArena pada Jumat (29/9/2017), Essential Phone masih tersedia secara eksklusif di operator Sprint meskipun versi unlocked juga dapat diperoleh di Best Buy maupun toko online milik Essential. Jika hingga saat ini ponsel Bapak Android masih terjual 5000 unit dengan harga resmi maka pemasukan perusahaan Andy Rubin mencapai USD 3.5 juta padahal baluasi Essential mencapai USD 1 Miliar.

Baca Juga Smartphone Essential Terancam Karena Permasalahan Berikut Ini

Lantaran ponsel bapak android tak laku dipasaran, akhirnya strategi pemangkasan harga dilakukan oleh Essential demi membuat smartphone ini laku. Dilansir dari Android Central pada Senin (23/10/2017), smartphone pertama Essential didiskon besar mencapai USD 200 (Rp 2.7 jutaan) menjadi harga USD 499 (Rp 6.7 jutaan) per unitnya. Pemangkasan harga ini berlaku untuk versi unlocked dan dijual secara langsung pada situs Essential.

Pemangkasan harga smartphone Essential ini diumumkan langsung melalui website resmi mereka. Sementara konsumen yang telah terlanjur membeli akan memperoleh voucher diskon dengan nilai yang sama bagi keluarga atau teman yang ingin membeli perangkat Essential atau akan mendapat tambahan kamera 360 derajat.

Dengan demikian ponsel Bapak Android yakni Essential ini siap menjadi penantang langsung smartphone Google Pixel 2 maupun Samsung Galaxy S8 series. Hadir dengan layar seluas 5.7 inchi dari ujung ke ujung berdesain mewah dari material titanium dan paduan keramik. Hadir dalam kapasitas penyimpanan 128 GB yang memang menjadi ponsel Bapak Android yakni Andy Rubin sebelum akhirnya android di akuisisi Google.

Baca Juga Harga Essential PH-1 for USA Cukup Mahal, Spesifikasi Gahar Dual Kamera Utama 13MP, Snapdragon 835

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here