Samsung Galaxy S9 Akan Dibekali Kecerdasan Buatan ‘AI’, Benarkah?

0
1107
Copyright ©youtube

Samsung Galaxy S9 Akan Dibekali Kecerdasan Buatan ‘AI’

OKETKNO.COM – Raksasa teknologi Samsung memang dikabarkan tengah menyiapkan flagship anyar andalannya bertajuk Samsung Galaxy S9 yang akan rilis tahun depan. Sejumlah rumor beredar terkait seri terbaru Galaxy S9 mulai dari bocoran desain, harga, spesifikasi dan fiturnya. Yang terbaru beredar rumor Samsung Galaxy S9 yang akan dibekali teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence). Lantas benarkah kabar tersebut ?

Seakan tak ingin kalah dengan Apple dan Huawei yang telah menerapkan teknologi kecerdasan buatan pada flagship terbarunya, Samsung juga berencana memboyong fitur tersebut. Memang belum dipastikan smartphone anyar mana yang akan dibekali fitur AI namun rumor yang bereda menyebutkan Samsung Galaxy S9 akan menjadi smartphone pertama Samsung dengan processor berbasis kecerdasan buatan.

Baca Juga iPhone X Bakal Dikalahkan Samsung Galaxy S9?

Seperti yang kita ketahui bersama, Huawei Mate 10 series yang baru meluncur menerapkan processor Kirin 970 dimana diklaim menerapkan chip dengan unit pengolahan saraf atau neureal processing unit (NPU) untuk menangani kecerdasan buatan. Tak hanya itu saja iPhone 8 dan iPhone 8 Plus serta iPhone X juga telah menerapkan neural processing engin cores dimana tertanam dalam chip A11 Bionic yang menjadi processor tercanggih Apple saat ini.

Seperti yang dimuat di laman PhoneArena pada Selasa (24/10/2017), vendor Samsung akan memanfaatkan teknologi AI pada Samsung Galaxy S9 atau kecerdasan buatan Neural Engine di Apple A11 Bionic dan Kirin 970 dalam sebuah chipset anyar besutannya. Processor Exynos generasi teranyar yakni Exynos 9810 diklaim akan menerapkan kecerdasan buatan, AI.

Samsung Exynos
Copyright ©Ilustrasi/Gizmochina

Lantaran ingin merealisasikan ambisi tersebut, Samsung bahkan telah menginvestasikan dana besar sejumlah USD 30 juta ke firma teknologi AI yang berbasis di Inggris bernama Graphcore pada Oktober 2016 lalu.  Tak hanya itu saja, laporan anyar dari KoreanHerald mengungkap bahwa vendor Negeri Gingseng tersebut juga mengalirkan dana pada perusahaan lain yang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan serupa bernama DeePhi Tech di Tiongkok. Perusahaan tersebut memiliki sejumlah klien besar diantaranya Amazon Web Services, MediaTek, Xilinx dan kini Samsung.

Baca Juga Waduh, Samsung Galaxy S9 Akan Tetap Gunakan RAM 4Gb

Perusahaan yang berdiri pada 2016 di Tiongkok tersebut juga diketahui mengembangkan teknologi kompresi jaringan saraf dan penggarapan arsitektur hardware jaringan saraf tiruan dimana menjadi tonggak teknologi kecerdasan buatan. Hasil karya perusahaan tersebut yang paling menonjol adalah teknologi Deep Neural Network Development Kit dimana membantu untuk mempercepat dan memudahkan implementasi aplikasi pembelajaran mandiri atau yang disebut deep learning application.

Dilansir dari GizmoChina, Samsung memang memiliki ambisi untuk mengembangkan chip saraf AI dalam smartphone besutannya yang diprediksi adalah Samsung Galaxy S9. Chip tersebut dapat difungsikan untuk pengenalan ucapan, pengolahan bahasa saraf dan pembelajaran fenomena alami. Untuk itulah spekulasi fitur ini ditanamkan dalam Samsung S9 dalam chip Exynos 9810 semakin ramai diperbincangkan.

Baca Juga Benarkah Peluncuran Duo Samsung Galaxy S9 Lebih Cepat dari Jadwal Sebelumnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here