Beginikah Desain Smartphone Lipat Samsung? Lebih Unik dari Axon M!

0
922
Rumor Samsung Galaxy X
Copyright ©Youtube

Sketsa Smartphone Lipat Samsung Terkuak!

OKETEKNO.COM – Pasar smartphone gadget saat ini selain diramaikan dengan ponsel dual kamera juga tengah ramai membicarakan smartphone dengan layar yang dapat dilipat yakni ZTE Axon M. Smartphone dua layar lipat ZTE tersebut bahkan mendahului Samsung yang bahkan lebih dulu menggagas konsep layar lipat namun belum terealisasi. Namun belum lama ini beredar bocoran sketsa smartphone lipat Samsung dimana disinyalir merupakan Samsung Galaxy X. Lantas bagaimana sketasa tersebut dengan sejumlah fakta menarik dari Samsung ?

Memang belum lama ini Korean Intellectual Property Office (Kantor Kekayaan Intelektual di Korea Selatan) telah menerima sketsa gambar smartphone dari Samsung Electronics. Ponsel ini hadir dengan desain yang cukup unik yakni berkonsep foldable design atau dapat dilipat dimana sisinyalir adalah Samsung Galaxy X yang tengah ramai diperbincangkan. Dari sketsa smartphone lipat Samsung tersebut terungkap beberapa fakta menarik smartphone foldable itu.

Baca Juga ZTE Axon M, Smartphone 2Layar Bisa Dilipat Siap Rilis, Jegal Samsung Galaxy X?

Jika kita melihat sketsa tersebut tentunya kita dapat melihat dengan cukup jelas bahwa smartphone lipat Samsung itu hadir dengan konsep melipat kedalam. Konsep tersebut mirip dengan ponsel flip featured jaman dahulu.  Namun fakta yang cukup menarik adalah ponsel pintar tersebut memiliki dimensi besar berbeda dengan ponsel flip jadul dengan keyboard yang memiliki dimensi mini dalam satu genggaman tangan.

Padal smartphone lipat Samsung ini sendiri tentunya tidak memiliki keyboard. Sebagai gantinya dua layar atas dan bawah yang dapat digabungkan tersebut dapat membuat perangkat ini tampil dalam satu bentang layar lapang. Dalam sketsa Smartphone lipat Samsung tersebut juga terlihat ada sejenis engsel pada bagian tengah ponsel. Namun yang menarik engsel itu hanya dapat terlihat dari bodi belakangnya sehingga di bodi depan hanya menyuguhkan satu layar penuh dengan kesan layar benar-benar melipat tanpa dipisahkan engsel atau bezell.

Desain Smartphone Lipat Samsung
Copyright ©Korean Intellectual Property Office

Memang kabar terkait smartphone layar lipat Samsung ini bukan pertama kalinya terdengar. Semenjak awal tahun ini memang banyak beredar rumor bahwa Samsung tengah menggarap project ponsel pintar yang dapat dilipat bernama Samsung Galaxy X. Selain itu berhembus pula kabar bahwa smartphone foldable Samsung ini hanya akan diproduksi dalam 100.000 unit saja sehingga akan menjadi smartphone edisi terbatas (limited edition). Rumor lain mengungkap bahwa Galaxy X akan diumumkan resmi di tahun 2019 mendatang.

Namun jika memang benar bahwa Samsung hanya memproduksi smartphone layar lipat Galaxy X dalam jumlah kecil dan terbatas tentunya hal itu lantaran tingkat kesulitan dari pembuatan smartphone foldable ini. Apalagi melihat sketsa Samsung Galaxy X dengan layar lipat keren tersebut menjadikan perangkat ini smartphone unik dengan tingkat kesulitan tinggi dalam proses penggarapannya.

Baca Juga ZTE Axon M Resmi Dirilis, Andalkan Layar Lipat dengan 4 Mode Layar Keren

Jika benar sketsa tersebut adalah Samsung Galaxy X maka perangkat ini tentu akan menjadi pesaing berat ZTE Axon M yang telah diperkenalkan pada 18 Oktober 2017 lalu dengan konsep layar lipat. Namun konsep foldable pada Axon M masih memiliki bezel atau engsel antara layar pertama dan layar keduanya.

Apalagi ZTE Axon M sendiri menuai masalah yakni layar gandanya meninggalkan celah kecil saat digabung membentuk layar tunggal yang lapang. Tentunya jika Samsung Galaxy X ini benar rilis dengan penggabungan dua layarnya yang sempurna maka akan menjadi smartphone lipat canggih dengan tingkat kerumitan lebih tinggi dibanding smartphone lipat ZTE.

Baca Juga Tablet Lipat Microsoft Tengah Digarap Usung Windows 10, Benarkah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here