Cara Mengetahui dan Mengatasi Laptop yang Overheat

0
944
Cara Mengetahui dan Mengatasi Laptop Overheat
Copyright ©oketekno

Cara Mengetahui dan Mengatasi Laptop yang Overheat

Oketekno.com – Kebanyakan orang sudah menjadikan Laptop sebagai teman kesehariannya, entah itu hanya untuk bermain game, belajar maupun bekerja. Nah, untuk permasalahan yang sering terjadi pada beberapa laptop yang digunakan cukup lama apalagi untuk kinerja berat seperti Game adalah Overheat.

Jangan biarkan Laptop kita mengalami overheat secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama karena bisa merusak bebearpa komponen Vital di dalamnya. Lalu bagaimanakah cara mengetahui dan mengatasi laptop yang overheat? Yuk, langsung saja simak ulasan selengkapnya pada cara mengetahui dan mengatasi laptop overhat berikut ini:

Simak nih: Cara Jelajah Planet Mars Gunakan PC Atau Laptop

Untuk mengetahui semua suhu dan juga kinerja Komponen Laptop, kita bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama CPUID HWMonitor. Aplikasi ini dapat menampilkan semua komponen yang berada di perangkat tersebut, mulai dari CPU, VGA, dan juga Hdd. RPM fan processor juga ditampilkan oleh aplikasi tersebut.

Cara Mengetahui Laptop Overheat
Copyright ©oketekno

Lalu bagaimana untuk mengatasinya?

Baca Yuk: Cara Diagnosa dan Mengatasi Laptop Blue Screen dengan Mudah

  • Underclock VGA
Cara Mengatasi Laptop Overheat 1
Copyright ©oketekno

Cara yang pertama kita dapat menurunkan kinerja VGA Laptop gaming kita, untuk proses penurunan ini tidak memakan waktu cukup lama kok, mungkin hanya sekitar 2 hingga 5 menitan saja. Untuk underclocking VGA ini kita bisa memanfaatkan aplikasi seperti MSI Afterburner yang cukup ampuh dan dapat dipercaya untuk mengendalikan performa VGA Laptop Kita.

Simak Nih: Cara Ubah TV biasa menjadi SmartTV Dengan Budget Murah

  • Atur Kinerja VGA di BIOS
Cara Mengatasi Laptop Overheat 2
Copyright ©VRForums

Kebanyakan laptop yang memiliki CPU yang dapat di overclocking saat ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan hanya melalui BIOS, terlebih lagi speed fan Processor juga dapat diatur. Caranya sendiri cukup gampang, pertama kita masuk ke menu BIOS terlebih dahulu(tiap Laptop berbeda, namun kebanyakan F2), setelah itu kita menuju ke menu CPU dan pilih Fan Perfomances Mode untuk memaksimalkan kinerja Fan CPU Laptop kita. Dengan begini suhu akan tetap terkendali dengan baik. Lanjut Baca

Ketahui Juga: Cara Mudah Menambang Bitcoin di Dunia Maya, Coba Yuk?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here