Tata Urutan Pemblokiran SIM Prabayar Oleh Pemerintahan yang Harus Diketahui

0
1776
tahap pemblokiran SIM card
Copyright ©kominfo

Tata Urutan Pemblokiran SIM Prabayar Oleh Pemerintahan yang Harus Diketahui

Oketekno.com – Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia tengah disibukkan untuk segera melakukan registrasi SIM Prabayar miliknya menggunakan identitas resmi yang telah terdaftar di pemerintahan, jika pengguna tidak melakukan pendaftaran tersebut maka hukumannya adalah pemblokiran nomor selamanya hingga terdaftar secara resmi.

Lantas seperti apa sih skema pemblokiran yang dilakukan pemerintah ini? Apakah langsung diblokir begitu saja? Berikut penjelasan yang diberikan oleh pihak pemerintahan.

Baca Nih: Cara Melihat Notifikasi Yang Terhapus di Semua Smartphone

Untuk registrasi SIM Prabayar ini bisa dilakukan paling tidak hingga tanggal 28 Februari 20118 mendatang, pemblokiran bagi pengguna yang belum melakukan registrasi akan dilakukan secara bertahap selama dua bulan kedepannya yaitu sampai 28 April 2018.

tahap pemblokiran SIM card
Copyright ©kominfo

Ahmad M Ramli selaku Direktur Jendral Penyelenggara Pos dan Informatika Kemkominfo memberikan informasi jika sampai tanggal 28 February 2018 masih ada pelanggan yang belum melakukan registrasi, maka pihak pemerintahan masih memberikan masa tenggang selama 30 hari setelahnya.

Dalam masa tenggang inilah pemerintah akan mulai tahap pemblokiran, untuk yang pertama yakni menutup seluruh akses panggilan maupun SMS keluar sehingga sang pengguna tidak dapat melakukan sms maupun telephone, akan tetapi jika di telephone masih bisa masuk.

Simak Yuk: Cara Melacak Seseorang Hanya dengan Nomor Telephone

Kemudian 15 hari setelahnya jika sang pelanggan masih belum melakukan pendaftaran pula, pemerintah juga akan memblokir panggilan dan juga SMS yang masuk. Sehingga hanya paket internet yang berada di dalam SIM itu saja yang masih dapat diakses dan digunakan selama 15 hari kedepannya.

“Tahap terakhir, apabila setelah 15 hari itu belum juga melakukan registrasi, pemblokiran akan dilakukan secara keseluruhan.” Seperti itulah pernyataan Ramli mengenai penjelasan pemblokiran tersebut saat berada dalam konferensi pers di kantor Kemkominfo kemarin.

Jadi, bagi anda yang belum melakukan registrasi SIM Prabayar maupun registrasi ulang segera lakukan mulai dari sekarang supaya tidak terblokir nantinya. Jika ada kendala atau permasalahan bisa ditanyakan kepada layanan provider terdekat di wilayah Anda.

baca juga: format dan cara registrasi sim card semua operator melalui sms

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here