Menuai Kritik, Nokia 2 dengan RAM 1 GB Diklaim Tetap Memiliki Kinerja Optimal!

0
1193
Nokia 2 B
Copyright ©GizmoChina

Menuai Kritik, Nokia 2 dengan RAM 1 GB Diklaim Optimal!

OKETEKNO.COM – Perangkat smartphone Nokia 2 memang telah resmi dirilis ke pasaran di awal November 2017. Namun sayangnya perilisan Nokia Android termurah itu justru banyak menuai kritikan pedas dari sejumlah pecinta gadget. Bagaimana tidak, dengan harga Rp 1.5 jutaan smartphone tersebut hanya dibekali kapasitas RAM 1 GB dan kapasitas internal 8 GB yang diklaim kecil untuk smartphone keluaran 2017. Namun pihak HMD memberikan jawaban atas kritikan tersebut yang mengklaim bahwa ponsel Nokia 2 ini tetap memiliki kinerja optimal.

Memang belum lama ini banyak netizen yang mengkritik habis-habisan smartphone Nokia 2 yang dinilai payah untuk jeroannya lantaran hanya dibekali RAM 1 GB. Pasalnya di level harga Rp 1.5 jutaan telah banyak smartphone dari vendor lain yang telah hadir dengan RAM 2 GB dan kapasitas internal 16 GB, sebut saja ponsel Xiaomi Redmi hingga dari vendor lokal Evercoss. HMD Global selaku produsen ponsel Nokia Android akhirnya angkat bicara.

Baca Juga Nokia 2, Bekali OS Nougat Hanya Sejutaan Resmi Diluncurkan

Seperti diketahui Nokia 2 hadir dedngan mengusung layar phablet yang lapang seluas 5.5 inchi beresolusi HD 720 x 1280 pixels. Didalamnya telah dipersenjatai processor dari Qualcomm Snapdragon 212 yang dhanya diperkuat RAM 1 GB. Selain itu dibekalkan pula kapasitas internal 8 GB dengan dukungan slot microSD dimana diperkuat baterai berkapasitas besar hingga 4100 mAh. Selain itu spesifikasinya juga menawarkan kamera belakang 8 MP dan kamera selfie 5 MP.

Kendati menawarkan kapasitas baterai besar di level harga sejutaa namun RAM kecil pada Nokia 2 langsung mendapat sorotan tajam. Tak hanya itu saja kapasitas internal hingga pemilihan processornya pun tak luput dari kritikan pedas netizen dan pecinta gadget yang membuat Eksecutive HMD Global memberikan respon.

Spesifikasi Nokia 2
Copyright ©Nokia

Juho Sarvikas selaku Chief Product Officer HMD Global mengungkapkan bahwa ini terkait pemilihan teknologinya. Layar berjenis LTPS pada Nokia 2 tidak terdapat dalam smartphone apapun dalam harga ini, namun pihaknya memberikan hal itu lantaran mampu mengkonsumsi daya 50 persen lebih rendah ketika layar dalam kondisi menyala.

Sementara itu dilansir dari laman NDTV, untuk pemilihan processor Qualcom Snapdragon 212 dengan RAM 1 GB sendiri juga disebut untuk mengoptimalka kinerja ponsel. Sarvikas mengungkapkan bahwa spesifikasi tersebut meskipun terkesan payah namun tidak akan memberikan pengaruh pada pemakaiannya.

Sarvikas mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan banyak hal sebelum akhirnya memilih Snapdragon 212. Pihaknya memiliki integrasi terbaik dan penggunaan daya terbaik di industri misalnya Snapdragon 430 pada Nokia 5 dan Nokia 6 yang diukur oleh Geekbench. Dan hal yang sama telah mereka lakukan untuk pembuatan Nokia 2 ini.

Baca Juga Inilah Konsep Nokia 9 Edge, Desain Lebih Elegan dari Galaxy Note 8?

Bukan hanya itu saja, pihak HMD Global juga mengungkapkan bahwa sistem pengoperasian Android juga semakin efisien. Sistem operasi seperti Android Oreo makin efisien sehingga ada inisiatif bernama Android Go yang bertujuan untuk mengoptimalkan experience pada perangkat dengan memori rendah. Pihak HMD melakukannya ketika ada pada Android N dan Android O yang makin efektif.

Sejauh ini pihak HMD Global yang menaungi vendor Nokia juga mengungkap maksud perusahaan membekali Nokia 2 dengan RAM dan internal kecil dalam harga murah meriah adalah agar penggunanya mampu memperoleh pengalaman yang sama bahkan meskipun dengan usungan RAM dan chipset lebih rendah dibandingkan Android Nokia lainnya.

Baca Juga Asik,, Pengguna Nokia 3,5 dan 6 Kini Dapat Cicipi Citarasa Android Oreo Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here