Broadcom Tawarkan Akuisisi Qualcomm Seharga $130 Miliar

0
776
Broadcom Tawarkan Akuisisi Qualcomm Seharga $130 Miliar
Copyright©GSMArena

Broadcom Tawarkan Akuisisi Qualcomm Seharga $130 Miliar

Oketekno.com – Sering sebut Qualcomm yang terkait dengan chipset Snapdragon, tetapi pihak perusahaan merupakan salah satu dari penyedia modem terbesar. Teknologi terbesar ini mungkin saja akan segera ditemukan dirinya yang berada di bawah kepemilikan terbaru dalam suatu kesempatan yang sangat bagus dan akhirnya diakuisisi senilai $130 miliar oleh Broadcom.

Adapun tawaran yang diberikan seharga $70 per saham dan juga premi 33% pada saat itu. Dimana saham QCOM pada saat itu sedang melonjak tinggi. Kasus ini akan menjadi akuisisi teknologi terbesar yang telah pernah ada dan juga akan segera membuat pihak perusahaan terbaru global#3 dibelakang Intel dan juga Samsung.

Baca Juga Rahasia Dibalik Jeroan iPhone X

Diketahui bahwa Broadcom, NXP dan Qualcomm telah memiliki pendapatan tahunan di tahun 2017 memiliki nilai $51 miliar dan EBITDA kurang lebih $23 miliar. Hal itu telah diasumsikan akuisisi NXP senilai $ 47 miliar melalui Qualcomm.

Broadcom Tawarkan Akuisisi Qualcomm Seharga $130 Miliar
Copyright©GSMArena

Sedangkan untuk pemegang saham NXP ini tak senang dengan semua ini dimana mereka mendapatkan tawaran sebesar $110 per saham dan ini merupakan harga terlalu rendah. Selain itu pengatur Eropa sudah memiliki kesepakatan tersebut.

Broadrom sudah mememberikan pernyataan kalau mereka inginkan Qualcomm atau tanpa NXP, sehingga akuisisi itu tak lagi penting untuk kesepakatan tersebut. Tetapi, pihak Investor Qualcomm tidak terlalu senang dengan sebuah penawaran ini. Bila klaim hal ini merupakan menurunkan nilai dari perusahaan tersebut.

Snapdragon yang melemah karena mengalami beberapa masa sulit, dia mampu hadapi tuntutan $ 1 miliar dari Apple atas royalti “tidak adil’. Cupertino yang dilaporkan ingin gantikan modem Qualcomm yang digunakannya atau ada beberapa modem iGadgets saat ini juga sudah menggunakan model Intel.

Baca Juga Berikut 6 Situs Web GIF WhatsApp yang Diblokir Kemkominfo

Perusahaan Broadcom juga pernah ikut campur dengan bisnis modem seluler ini, sampai diriliskan pada tahun 2014. Semenjak itu diakuisisi oleh Avago Technologies yang memiliki basis di Singapura seharga $37 miliar (Avago sejak mengadopsi nama Broadcom).

Avago atau Broadcom memang ingin pindahkan kantor pusat kembali ke Amerika Serikat yang sempat dikutip sebagai bagian alasan di balik akuisisi ini.

Baca Juga Daftar Harga Sony Xperia Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here