Berikut Penyebab dan Solusinya Ketika Gagal Registrasi SIM Prabayar

0
942
gagal registrasi sim
Copyright©liputan6

Berikut Penyebab dan Solusinya Ketika Gagal Registrasi SIM Prabayar

Oketekno.comGagal Registrasi SIM, Mulai sekarang ini seluruh para pengguna operator seluler Indonesia diwajibkan untuk melakukan registrasi SIM dengan data kependudukan asli guna memberantas tindakan yang merugikan bagi masyarakat Tanah Air.

Kemarin atau tepatnya pada tanggal 7 November 2017 jam 12.30 WIB, pihak kementrian Komunikasi dan Informatika alias Kemkominfo memberikan pernyataan jika 46.5 juta pelanggan kartu SIM prabayar telah melakukan registrasi sesuai dengan data kependudukan yang tercatat di Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri yakni NIK dan KK.

Baca Yuk: Sukses Hack Bug Twitter, Warganet Bisa Berkicau 35 Ribu Karakter

Akan tetapi, beberapa pelanggan justru malah ada yang mengeluhkan karena Ia tidak berhasil alias Gagal Registrasi SIM tersebut, jumlah pelanggan yang gagal juga tidak sedikit karena ada sekitar 20% dari jumlah keseluruhan. Lantas, permasalahan apa yang membuat registrasi tersebut gagal? Berikut ulasannya.

gagal registrasi sim
Copyright©liputan6

Zudan Arif Fakrulloh selaku menjabat sebagai Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dukcapil Kemendagri mengungkapkan jika Gagal Registrasi SIM ini bisa jadi karena adanya kesalahan ketika memasukkan nomor induk kependudukan KTP maupun KK. Untuk urutan angka sebanyak 16 digit ini bisa jadi masyarakat Indonesia salah memasukkan 1 angka saja, maka sudah gagal untuk melakukan registrasi.

Untuk itulah Zudan Arif meminta seluruh masyarakat mengecheck kembali apakah angka tersebut sudah benar atau belum. Selain itu, kegagalan juga bisa saja terjadi jika Nomor Induk Kependudukan dan nomor Kartu Keluarga tidak sesuai dengan database Dukcapil.

Simak Nih: 6 Situs WEB GIF WhatsApp yang Diblokir

“Bisa karena nomor KK yang dimasukkan sudah tidak valid atau karena NIK dan KK-nya sudah kami blok karena ada data ganda” seperti itulah yang diungkapkan oleh Zudan pada saat ditemui di kantor Kemkominfo kemarin.

Tidak hanya itu saja karena nomor KK juga bisa tidak valid ketika kepala keluarga sudah meninggal atau keluarga tersebut pindah alamat dan masih belum mengurusnya di kantor Dukcapil Wilayah Setempat.

“KK ini nomornya sering berganti. Misalnya, kalau kita pindah dari Depok ke Jakarta, nomor KK-nya akan berganti. Selain itu, kalau ada bapak (kepala keluarga) meninggal dan diberikan akta Kematian, otomatis nomor KK juga berubah dalam sistem. Meski print out KK baru belum diterima, nomor KK sudah berubah dalam sistem database Dukcapil” Kata Zudan untuk keterangan lebih detailnya.

Zudan Arif juga meyakinkan kepada seluruh masyarakat Indonesia jika NIK dan Nomor KK yang dibuat untuk registrasi sudah sesuai dengan database yang berada di Dukcapil, maka Gagal Registrasi SIM ini tidak akan terjadi kepada anda.

baca juga: Format dan cara registrasi sim untuk semua operator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here