Ingat!!! Inilah Cara Cerdas Atasi Penyebaran Kabar Hoax di SosMed

0
635
warning Hoax
Copyright©jalantikus

Inilah Cara Cerdas Atasi Penyebaran Kabar Hoax di SosMed

Oketekeno.comSosial media memang untuk bersosialisasi dan juga memiliki interaksi dengan penyebar konten-konten yang positif. Tetapi, ada pihak yang sangat cerdik dan curang memanfaatkan sosial media untuk menyebarkan konten berisikan hal negatif. Kalau semua itu dibiarkan saja, bisa saja merusak generasi penerus yang masih lugu dan tak tahu kecerdikan mereka.

Sekarang pihak pemerintah berusaha untuk mencegah konten yang berisikan kabar Hoax atau palsu dengan memberikan undang-undang yang berisikan peraturan sanksi untuk pengguna internet yang telah menyebarkan konten negatif itu.

Baca Juga Cara Menjadikan Semua Smartphone Support OTG

Tidak hanya itu saja, kini Kemetrian Komunikasi dan Informasi (Keminfo) ikut serta mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan literasi digital yang melalui Mudamudigital.dimana Mudamudigital ini salah satu wadah untuk para generasi penerus atau generasi mudah jama sekarang untuk membagikan ilmu serta pakar literasi digital Indonesia.

Hal tersebut memiliki tujuan supaya terbentuknya generasi mudah Indonesia yang memiliki kecerdasan literasi digital yang sangat tinggi. Jadi tidak gampang terpengaruh dengan kabar-kabar Hoax atau palsu yang mampu meluncurkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Herry Abdul Azis sebagai staf Ahli Menteri Kominfo Bidang teknologi juga mengungkapkan kalau internet ini sudah membuat informasi sangat berkembang labih jauh dari dulu sebelum ada internet yang menyeluruh. Hanya hitungan jam saja satu topic mampu disebar luaskan,”Misalnya saja berita yang berkembang soal registrasi SIM card telah berkembang sangat jauh. Dalam hitungan jam, beberapa hari, kabar berkembang luas, bahkan ada yang menjadi hoax. Masuk ke ranah-ranah lain, seperti untuk penyadapan dan lain-lain,” ucap Harry pada acara Literasi Cerdas Bermedia Sosial yang diselenggarakan di Bandar Lampung.

Inilah Cara Cerdas Atasi Penyebaran Kabar Hoax di SosMed
Copyright©Ist

Baca Juga Harga LG Fiesta 2 LTE Terjangkau Spesifikasi baterai 4500 mAh

Hoax tersebut sangat viral, padahal tidak ada hubungannya. Bari hitungan hari saja sudah berubah. Padahal, hal tersebut tidak benar,” dengan hal tersebut juga sangat mempengaruhi masyarakat,” adapun perkiraan sampai 41% orang yang terpengaruh,”tutupnya.

Adapun tips dari septiaji Eko Nugroho selaku Inisiator masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (MAFINDO)dan Kerua Masyarakat Indonesia Anti Hoax sebagai berikut:

Waspada Judul provokatif

Kabar Hoax sering kaloi terjadi menggunakan judul yang sensasional semisal dalam judul tersebut langsung menudingkan jari ke pihak tertentu.

Cermati Alamat Situs

Sebelum anda membaca maka anda harus melihat alamat situs terlebih dahulu merupakan alamat situs yang sudah tercatat Dewan Pers, di Indonesia punya kurang lebih 43.000 situs yang telah diklaiom sebagai portal berita. Dan dari jumlah itu hanya 300 yang sudah terverifikasi sebagai situs resmi.

Baca Juga Penampakan Spesifikasi Samsung Galaxy J2 Pro (2017) Terbaru

Periksa Fakta

Sebelum anda menyebarkan kabar tersebut sebaikanya anda perlu mengetahui kabar tersebut dari mana, missal resmi dari KPK atau Polri atau dari tempat lain yang berhubungan dengan kabar tersebut.

Cek keaslian foto

Semakin canggih teknologi maka semakin canggih pula aplikasi untuk edit foto yang mampu menyamakan dengan aslinya atau penggabungan yang apik untuk memberikan kabar yang tak benr supaya menjadi viral.

Baca Juga Ramai Konten Dewasa, YouTube for Kids Banjir Protes Keras!

Ikut Serta grioup Diskusi Anti-Hoax

Dalam sosial media bernama Facebook ini terdapat banyak fanpage dan juga group untuk mendiskusikan anti-hoax. Missal Forum Anti Fitnah, hasut dan Hoax (DADHH), fanpage & group Indonesia Hoax Buster, Grup Sekoci dan fanpage Indonesia Hoaxes.

Bila anda mengiktu group FB tersebut maka anda bisa ikut serta menanyakan apakah kabar yang anda terima itu Hoax atau bukan. Selain itu juga bisa melihat klarifikasi yang sudah diwartakan oleh beberapa orang yang sudah masuk dalam anggota tersebut. Dengan hal tersebut maka anda mengetahui mana yang sebenernya terjadi.

Baca Juga Daftar Aplikasi Android Gratis Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here