Kominfo Janjikan iPhone X dan Samsung Galaxy S9 Bisa Lebih Cepat Masuk Indonesia!   

0
750
Layar iPhone X Vs Samsung Galaxy Note 8
Copyright©YouTube

Kominfo Janjikan iPhone X dan Samsung Galaxy S9 Bisa Lebih Cepat Masuk Indonesia!

Oketekno.com – Pasar smartphone Indonesia memang menjadi salah satu sasaran empuk bagi produsen smartphone dunia seperti Samsung, Apple, Oppo, Xiaomi, Huawei dan vendor besar lainnya, baik itu ponsel berbasis Android ataupun iOS. Akan tetapi perilisan smartphone terbaru di Tanah Air masih punya selisih waktu 2 sampai 3 bulan setelah diumumkan. Namun ke depannya, smartphone terbaru seperti iPhone X atau Samsung Galaxy S9 dipastikan akan lebih cepat masuk pasar Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diketahui kini sedang menggarap Rancangan Peraturan Menteri (RPM) mengenai Sertifikasi Alat dan atau Perangkat Telekomunikasi. Dari rumor yang beredar, RPM yang digarap oleh Kominfo itu bertujuan untuk menyederhanakan regulasi bidang standarisasi perangkat pos dan informatika.

Selain bertujuan untuk memperlancar dalam bidang sertifikasi, hal itu juga dapat menimbulkan peluang usaha dan mendorong investas dalam hal pengujian alat dan atau perangkat telekomunikasi di Indonesia.

Baca Juga : Desain Xiaomi Mi Mix 2s Bocor, Bezell Layar Mirip iPhone X!

“Jadi kemarin ada Peraturan Menteri yang terpisah-pisah. Tapi sekarang digabungkan. Intinya ingin membuat proses lebih cepat dan akuntabel,” ungkap Ismail, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

tahap pemblokiran SIM card
Copyright ©kominfo

Ismail juga menjelaskan bahwa RPM Kominfo tentang Sertifikasi Alat dan atau Perangkat Telekomunikasi tengah melakukan konsultasi kepada publik. Apabila nanti telah diputuskan, deretan smartphone baru seperti iPhone X atau Samsung Galaxy S9 dipastikan bisa akan cepat masuk karena proses sertifikasi lebih sederhana dan tak memerlukan waktu lama.

Simak Juga : Berikut 6 Situs Web GIF WhatsApp yang Diblokir Kemkominfo

Pengetahuan tambahan, RPM Kominfo mengenai Sertifikasi Alat dan atau Perangkat Telekomunikasi yang sedang dikonsultasikan pada public menggabungkan dan menyesuakan substansi serta mencabut ketentuan, semua telah diatur dalam peraturan berikut ini:

  1. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 18 Tahun 2014 tentang Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi;
  2. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 18 Tahun 2014 tentang Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi; dan
  3. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 23 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Telekomunikasi Pesawat Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet.

BACA JUGA : Usai WhatsApp, Ganti Google dan Twitter Terancam Diblokir Menkominfo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here