Android Oreo Miliki Fitur Baru, Mampu Mengatasi Baterai Boros di Smartphone

0
241
Android Oreo
Copyright ©AndroidGuys

Android Oreo Miliki Fitur Baru, Atasi Baterai Boros

OKETEKNO.COM – Setiap tahunnya Google yang merupakan penyedia sistem pengoperasian berbasis Android merilis versi anyar platform tersebut. Di tahun 2017, Android versi 8.0 atau yang dikenal dengan Android Oreo telah resmi diperkenalkan dan bahkan telah menjadi sistem operasi bawaan untuk sejumlah smartphone premium keluaran terbaru. Meskipun versi 8.1 Oreo masih dalam tahap pengembangan namun menawarkan fitur baru yang disebut-sebut mampu mengatasi penggunaan baterai yang boros. Fitur apakah gerangan ?

Dalam pembaharuan Android Oreo v8.1 terdapat fitur yang digadang-gadang sanggup memberikan kemampuan konsumsi daya baterai lebih irit. Fitur tersebut kabarnya memiliki nama Wakelock Detector. Fitur ini merupakan fitur penghemat baterai yang sanggup memantau dan mengontrol aplikasi yang berjalan sehingga mampu mencegah perangkat android berada dalam mode deep sleep.

Baca Juga Nokia 8 Segera Rasakan Update Android Oreo!

Cara kerja fitur Wakelock Detector di Android Oreo v8.1 ini sendiri akan memilih aplikasi mana saja yang menguras banyak daya baterai dengan cara mencegah perangkat untuk beralih ke mode deep sleed. Saat berada pada mode deep sleep maka aplikasi yang tengah berjalan di background akan dihentikan sementara atau dinonaktifkan seperti aplikasi media sosial, Wi-Fi maupun data seluler yang terus berjalan.

Selanjutnya aplikasi yang berjalan di latar belakang dan distop sementara tersebut akan kembali diaktifkan ketika smartphone dibuka supaya sinkronisasi tetap berjalan terutama untuk aplikasi yang memerlukan pemberitahuan atau notifikasi. Hal ini tentunya akan membuat pengguna lebih hemat baterai juga hemat penggunaan data seluler.

Android Oreo Miliki Fitur Baru, Mampu Mengatasi Baterai Boros pada Smartphone
Copyright©PhoneaArena

Bukan hanya dapat mengatasi baterai yang boros pada aplikasi yang berjalan, fitur Wakelock Detector Android Oreo sendiri juga menunjukkan alasan kenapa aplikasi tersebut memakan banyak daya baterainya. Seperti misal adalah aplikasi berbasis lokasi atau GPS yang mampu melacak lokasi pengguna berulang kali. Aplikasi sejenis ini memang akan menyedot daya baterai dengan sangat cepat.

Seperti yang dikutip di laman PhoneArena pada Selasa (14/11/17), fitur Wakelock detector ini sendiri dapat anda temukan pada menu informasi baterai yang berada pada menu pengaturan atau setting. Aplikasi yang cara kerjanya dicurigai menguras banyak baterai atau wrongdoing app akan dengan cepat diidentifikasi dengan sebuah peringatan berupa tanda baterai yang berwarna merah.

Baca Juga Asik,, Pengguna Nokia 3,5 dan 6 Kini Dapat Cicipi Citarasa Android Oreo Lho!

Dengan fitur Wakelock Detector pada Android Oreo versi 8.1 ini sendiri pengguna dapat dengan mudah memutuskan apakah akan menutup aplikasi secara paksa atau men-disable layanan pendukung yang digunakan. Seperti aplkasi GPS yang merupaka aplikasi berbasis lokasi yang mampu membuat umur baterai smartphone semakin pendek.

Saat ini cukup banyak pengguna android yang cerdas mengakali baterai boros pada smartphone dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tentunya dengan hadirnya fitur baru di Android Oreo ini, pengguna tak perlu lagi menginstall aplikasi hemat baterai pihak ketiga sehingga sistem operasi android diharapkan memiliki layanan yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

Baca Juga Ini Kelebihan Android Oreo Dibandingkan Android Nougat, Yuk Simak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here