Keren! Panel Surya Ponsel Ini Bisa Isi Baterai Smartphone

0
317
Panel Surya Ponsel
Copyright©dqindia

Keren! Panel Surya Ini Bisa Isi Baterai Smartphone

Oketekno.comPanel Surya Ponsel, Pengisian daya smartphone bisa dilakukan ketika ada penghantar listrik dari charger yang terhubung ke stop kontak yang memiliki daya listrik maupun powerbank dan perangkat elektronik lain yang memiliki daya juga, salah satunya yakni Laptop.

Akan tetapi perangkat Smartphone di masa yang akan datang nantinya pengisian daya bisa dilakukan hanya dengan menjemurnya saja, bukannya malah kepanasan?

Baca Nih: Berikut 2 Cara Ketahui Password WiFi Melalui Windows

Nah, baru-baru ini ada sekelompok ilmuwan asal France yang sedang melakukan uji coba dengan mengembangkan perangkat Panel Surya yang terbuat dari plastik konduktif, perangkat ini dibuat dengan menggunakan printer inkjet.

Panel Surya Smartphone
Copyright©dqindia

Untuk panel surya Ponsel fleksibel ini dikembangkan di bawah naungan Dracula Technologies yang mana memiliki bentuk fisik yang sangat kecil dan tipis sehingga sangat mudah dan responsive untuk diletakkan dimanapun.

Panel Surya Ponsel

Tidak hanya sifatnya saja yang dinamis, kemampuan dari Panel Surya yang tengah dikembangkan tersebut diklaim lebih unggul jika dibandingkan dengan panel yang telah ada saat ini. Komponen tersebut juga dapat mengonversi tenaga matahari maupun cahaya yang dihasilkan oleh benda apapun, contohnya saja seperti lampu, Api, dan yang lainnya meski intensitas cahayanya cukup kecil.

Pengguna Panel Surya Ponsel ini nantinya hanya perlu menempelkan sebuah plat pada perangkat miliknya ketika ingin melakukan pengisian daya, dengan begini ponsel kita secara otomatis akan terisi dengan sendirinya.

Simak Yuk: Infinix Zero 5 Resmi Meluncur, Andalkan RAM 6 GB dan Dual Kamera Handal!

“Materi kami bisa menangkap energi dari cahaya dalam ruangan yang tidak dilakukan silikon” seperti itulah yang diungkapkan oleh Ben Dkhill selaku perwakilan dari Ilmuwan Dracula Technologies.

Selain itu, Ia juga menjelaskan jika komponen panel Surya ponsel ini tersusun atas 5 lapisan pelat, diantaranya yakni 2 lapisan luas yang mengandung tinta konduktif, 2 lapisan semi konduktor, dan juga 1 lapisan fotoaktif.

Untuk susunanya sendiri cukup canggih yakni 1 lapisan fotoaktif diapit dengan 2 lapisan semi konduktor, setelah itu pada bagian luarnya dilapisi lagi menggunakan 2 bahan yang mengandung tinta konduktif sehingga cahaya yang ditangkap oleh komponen ini dapat digunakan secara efektif dan maksimal meski intensitas cahayanya minim sekali.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat 1 pelat yang berukuran 5cm ini saja membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Terlebih lagi hasil panel surya ponsel inovasi terbaru ini nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik di masa depan dengan harga yang masih ramah di kantong.

baca juga: cara mempercepat pengisian daya smartphone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here