Berikut Dampak Buruk Bermain Headset VR Berdasarkan Penelitian

0
509
Child with Headset VR
Copyright ©future post

Berikut Dampak Buruk Bermain Headset VR Berdasarkan Penelitian

Oketekno.comDampak Buruk Bermain Headset VR, Headset VR alias Virtual Reality merupakan sebuah perangkat modern yang banyak digemari oleh sebagian orang, hal ini dikarenakan teknologi game maupun dunia maya akan terasa lebih nyata di pandangan mata kita.

Akan tetapi pernah tau tidak sih bahwa teknologi headset terbaru ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia, terutama bagi anak-anak yang masih memiliki masa kembang yang produktif?

Baca Nih: Mainkan 5 Game Gratis Paling Seru di Steam Sekarang Juga!

Sebuah riset yang dilakukan oleh para ilmuwan yang berasal dari Universitas Leed, Inggris menjelaskan jika penggunaan perangkat Headset VR dalam kurun waktu yang lama bisa memicu masalah penglihatan dan juga keseimbangan perkembangan bagi anak-anak.

Copyright ©future post

Sedangkan bagi orang dewasa, keseringan menggunakan Headset VR juga bisa berakibat buruk dan dapat menimbulkan gejala sakit mata dan nyeri pada bagian kepala. Untuk pernyataan tersebut didapatkan ketika tim peneliti dari Universitas Leeds sedang melakukan eksperimen dengan melibatkan 10 anak dengan rentan usia 8 hingga 12 tahun.

Mereka disuruh untuk bermain game yang berbasis VR selama kurang lebih 20 menit, setelah itu anak-anak tersebut diperiksa kesehatannya. Dan hasil pemeriksaan tersebut ternyata positive, beberapa anak mengalami gangguan jarak pendengaran, sedangkan yang lainnya mengalami gangguan keseimbangan mental secara drastis.

Simak Yuk: GIM Tekken 7 Kedatangan Sosok Hero Baru Keren Berikut

“Dalam perangkat VR, dunia tiga dimensi virtual ditampilkan di layar 2D dan menempatkan layar pada sistem visual manusia”  seperti itulah yang diungkapkan oleh Mark Mon-Williams selaku Professor psikologi Kognitif di Universitas Leeds.

Meski efek tersebut hanya bisa dirasakan dalam waktu yang cukup singkat, hal ini tetap saja bisa berpotensi buruk dan menyebabkan kerusakan pertumbuhan fisiologis pada anak-anak di bawah umur. Dengan begini, perangkat Headset VR harus mendapatkan peninjauan ulang agar dapat berfungsi maksimal dengan meminimalisir dampak buruk.

Untuk peninjauan ini tidak hanya dilakukan pada perbaikan kualitas tampilan layar pada perangkat Headset VR saja, melainkan dampingan orang tua dan penyesuaian juga dibutuhkan untuk memberitaukan mana dunia nyata dan mana yang buatan.

baca juga: Gim super mario odyssey dapatkan skor terbaik, kereen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here