Awas, Pengguna Windows 10 Jangan Download ‘Movie Maker’, Ini Bahayanya!  

0
253
Movie Maker Windows 10
Copyright ©Windows

Awas, Pengguna Windows 10 Jangan Download ‘Movie Maker’, Ini Bahayanya!

Oketekno.com –  Kabar kurang sedap datang dari perusahaan raksasa computer, Microsoft pada sistem operasi besutannya, yakni Windows. Baru-baru ini dikabarkan khusus untuk pengguna sistem operasi Windows 10, yang mana jika ingin melakukan kegiatan editing video dilarang untuk mengunduh aplikasi Windows Movie Maker. Hal itu dikarenakan dengan adanya pemalsuan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap aplikasi edit video besutan Microsoft itu.

Diketahui secara resmi pada awal tahun 2017 lalu Microsoft telah mengumumkan kepada pengguna Windows bahwa pengembangan software Windows Movie Maker yang biasanya dibuat dalam Windows Essential 2012 telah dihentikan oleh perusahaan.

Dilansir dari SlashGear, Rabu (15/11/2017), ada sebagian pengguna yang merasa heran dengan tidak adanya fitur aplikasi edit video legendaris pada Windows 10 yang merupakan sudah menjadi bawaan generasi pendahulunya. Akan tetapi aplikasi Movie Maker tersebut ternyata telah diganti dengan software edit video lainnya, Story Remix yang telah dilakukan bundling dalam Windows 10.

Baca Juga : Ingat, Upgrade Gratis Windows 10 Dibatasi Cuma Sampai Desember 2017!

Entah tidak mengetahui pergantian aplikasi edit video itu atau merasa kurang puas dengan kinerja Story Remix, pengguna yang sudah akrab dengan aplikasi Movie Maker akhirnya tetap berusahan mencari alternative dengan mencari aplikasi Movie Maker lewat mesin pencari Google ataupun yang lainnya.

Windows 10 Movie Maker
Copyright ©Softonic

Mengetahui hal itu, celah dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan membuat aplikasi palsu yang mirip. Oknum tersebut menciptakan halaman dengan tampilan yang meyakinkan pengguna, dengan itu banyak pengguna Windows 10 yang tertipu dan tidak ada kecurigaan kepada tampilan palsu dari halaman resmi Movie Maker.

Setelah dilakukan pengecekan, halaman penipuan www.windows-movie-maker.org memang sering muncul dalam deretan halaman pertama hasil pencarian Google atau Bing. Penjahat dunia maya akhirnya berhasil melakukan aksi penipuan kepada pengguna yang kesasar dengan modus melakukan unduhan aplikasi yang berbayar.

Simak Juga : Tablet Lipat Microsoft Tengah Digarap Usung Windows 10, Benarkah?

Pada awalnya, aplikasi bodong tersebut akan meminta pengguna untuk membayar 30 dollar AS, atau kisaran Rp 400.000 untuk mendapatkan aplikasi dengan versi lengkap ketika software itu dijalankan pertama kalinya.

Akan tetapi hal tersebut ternyata terjadi berulang kali setiap aplikasi sudah ditutup dan dijalankan kembali, ketika pengguna ingin menyimpan dan membuka kembali editan videonya. Mirisnya, walaupun telah melakukan pembayaran berulang kali dengan jumlah yang tidak sedikit itu, project video hasil kerja pengguna tetap tidak bisa disimpan menjadi video yang diinginkan.

Baca Juga : Awas, Ini 5 Bahaya Pakai Aplikasi Android Palsu dari Google Play Store!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here