Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

0
692
Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector
Copyright©wikihow

Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

Oketekno.comCara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector, perangkat komputer tidak akan bisa difungsikan secara maksimal jika tidak ada kapasitas penyimpanan yang terpasang, sehingga peran Hardisk di dalam sebuah Laptop maupun PC sangat diperlukan ya guys.

Selain untuk komponen penyimpanan, hardisk juga memiliki peran penting yakni menentukan performa dari perangkat itu sendiri. Jadi tidak hanya CPU, GPU, dan RAM saja ya guys yang harus diperhatikan agar performa laptop maupun Komputer bisa maksimal.

Baca Nih: Daftar Harga Hardisk Laptop dan Komputer Murah Terbaru

Untuk itu kita harus menjaga komponen Hardisk tersebut baik-baik agar performa dan speed transfer data bisa maksimal serta stabil. Terlebih lagi jangan sampai terkena Bad Sector karena bisa menghambat fungsi dari komponen itu sendiri, oleh karena itulah kalian harus simak nih Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector.

Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector

Matikan Perangkat dengan Cara Normal dan Benar

Jangan keseringan mematikan Laptop atau Komputer secara paksa, hal ini dikarenakan akan mempercepat kerusakan Hardisk secara fisik lebih cepat dari biasanya.

Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector 1
Copyright©surfacesoft

Hal ini bisa dipermisalkan kepada kita sendiri, ketika anda sedang berkendara menggunakan motor dengan kecepatan yang cukup tinggi dan tiba-tiba ada yang menghadang atau memukul dari arah yang berlawanan, yang pasti kalian akan terjatuh bukan? Nah, hal ini sama dengan hardisk yang memiliki kecepatan rata-rata 5200 putaran per menit dan tiba-tiba kalian hentikan mendadak.

Selain kerusakan fisik lebih cepat, mematikan komputer atau laptop dengan paksa atau tanpa shutdown akan menimbulkan file registry berantakan sehingga performa hardisk jadi melemah.

Simak Yuk: Tips Cegah Pencurian Password, Mau Coba ?

Jadwalkan Defrag

Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector 2
Copyright©tutorial linux

Cara Mencegah Hardisk Terkena Bad Sector selanjutnya yakni DefragmentDefrag ini fungsinya yaitu mengatur seluruh tata letak file yang berada di Hardisk kalian agar tersusun secara rapi sehingga mudah dalam hal pencarian nantinya, untuk proses defragment ini membutuhkan waktu yang bervarian, tergantung kapasitas file yang kita miliki. Namun jangan keseringan untuk defragment juga karena malah bisa merusak HDD, jadi atur jadwal defragment paling tidak 1 hingga 2 bulan sekali saja. Lanjut Baca…

Ketahui Juga: Cara Menyembunyikan Semua File Dalam Gambar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here