Awas! Smartphone OnePlus Bisa Diretas Hacker Karena Ada Aplikasi Ini

0
820
OnePlus Hack B
Copyright©DNAIndia

Awas! Smartphone OnePlus Bisa Diretas Hacker Karena Ada Aplikasi Ini

Oketekno.com – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa beberapa pekan yang lalu OnePlus sedang terkena masalah mengenai perangkat Smartphone besutannya telah mengumpulkan informasi dan juga identitas pribadi dari sang pengguna dengan alasan keperluan analisa.

Namun baru-baru ini juga terdengar sebuah masalah yang lebih serius mengenai perangkat yang akan diluncurkannya hari ini bernama OnePlus 5T, hal ini dikarenakan perangkat tersebut memiliki sebuah fitur dan aplikasi yang dapat membahayakan orang lain.

Baca Nih: Resmi Meluncur, Harga OnePlus 5T Masih Tetap Murah?

Pada salah satu unggahan akun Twitter bernama Elliot Anderson telah menemukan jika perangkat Smartphone OnePlus secara tidak sengaja telah membiarkan aplikasi pengujian diagnostik berjalan. Setelah itu ia juga menambahkan jika aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan oleh sang pengguna untuk memberikan akses root yang bisa berfungsi secara efektif sebagai backdoor.

Oneplus Hack
Copyright©GSMArena

Untuk aplikasi mobile yang dimaksudkan ialah aplikasi sistem yang telah dibuat oleh perusahaan pembesut Chipset Qualcomm dan telah disesuaikan oleh pihak OnePlus sendiri yang diberikan nama EngineerMode. Untuk aplikasi ini sebenarnya diciptakan oleh Qualcomm kepada OEM yang seharusnya digunakan untuk melakukan uji coba komponen perangkat keras melalui perangkat Komputer.

Simak Yuk: Smartphone Dual Kamera Sony Muncul di GFXBench, Seperti Apa?

Sayangnya untuk aplikasi EngineerMode ini telah dibekalkan pada semua perangkat Smartphobe besutan OnePlus, diantaranya yakni OnePlus 5, 3T, 3, dan yang paling baru yakni OnePlus 5T. Aplikasi EngineerMode yang tersemat tersebut berfungsi untuk menjalankan pengujian sistem GPS, Vibration, Kecerahan Layar, dan juga bisa memeriksa akses root dan melalui beberapa proses tes otomatis lainnya.

DiagEanbled ini merupakan kegiatan yang telah diciptakan oleh Qualcomm Sehingga ada kemungkinan bahwa semua perangkat dengan teknologi Chip Qualcomm bisa terpengaruh dengan hal tersebut. Guna memeriksa apakah perangkat kita juga terinstall EngineerMode ini caranya yakni kita menuju ke aplikasi Setelan, kemudian masuk ke aplikasi dan menu, pada tampilan aplikasi sistem kita cari apakah ada yang bernama EngineerMode.

Dengan adanya hal ini kemungkinan besar para hacker professional bisa meretas perangkat OnePlus kapan saja dia mau. Untuk menanggapi permasalahan tersebut, CEO OnePlus yang bernama Carl Pei menjelaskan jika pihaknya saat ini tengah menyelidiki masalah tersebut.

baca juga: Aplikasi Browser Terbaru Mozilla Firefox Quantum, Lebih Cepat dari Chrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here