Ancaman Virus ke Smartphone Android Mengalami Peningkatan!

0
342
Copyright©Mastekno

Ancaman Virus ke Smartphone Android Mengalami Peningkatan!

oketekno.com – Infeksi virus memang menjadi sebuah ancaman untuk data privasi dari para pengguna berbagai perangkat elektronik, tak terkecuali Smartphone Android. Sistem operasi Android yang memiliki sifat Opensource kerap kali disalahkan karena memudahkan malware bisa masuk kedalamnya.

Maka jangan heran, jika hal ini berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah Smartphone Android dipasaran, maka hal tersebut juga menjadi indikasi jika penyebaran virus berbahaya ini pun juga semakin meningkat jumlahnya.

Baca juga: Cara Mengurangi Gangguan Notifikasi di Android

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak sekali vendor yang memanfaatkan sistem operasi milik Google tersebut, mulai dari Samsung, Oppo, Lenovo, Xiaomi, hingga Vivo, dimana mereka sangat rajin untuk meluncurkan perangkat terbaru mereka dipasaran. Tentu hal tersebut bukanlah kabar baik ya?

Copyright©Mastekno

Apalagi, ransomawe PC seperti Wanna Cry kemarin telah menyebutkan, jika virus ini terlalu umum terjadi pada perangkat Smartphone. Hal ini senada dengan laporan yang dirilis oleh Nokia’s Threat Intelligence terbaru, mereka menunjukan jika mayoritas perangkat yang terinfeksi terhubung ke jaringan seluler memang mayoritas Smartphone Android.

Baca juga: Cara menghilangkan Virus Iklan di Ponsel Android

Namun pihak Nokia tak sungkan mengakui jika sistem keamanan yang dilakukan oleh Google dalam Google Play Store ini jauh lebih baik jika dibandingkan 2 tahun lalu. Namun toko aplikasi tersbeut masih kurang dilindungi dan menjadi vektor infeksi virus yang umum.

Dan ancaman terbesar ini adalah dari aplikasi trojan yang disisipkan kedalam aplikasi populer seperti Netflix. Namun bagi warga China sangat beruntung, karena pembatasan pemerintah pad adasarnya semua Smartphone Android dinegara tersebut menggunakan toko Non-Google.

Dan Pihak Nokia mengatakan jika Adware Uapush merupakan aplikasi paling berbahaya, lalu ransomware Jisun dan Trojan Perbankan Marcher diposisi ketiga. Bagaimanapun, dengan mudahnya Smartphone Android terserang virus, perangkat iOS bebas dari serangan ya.

Faktanya, sistem operasi milik Apple ini juga tetep diserang virus, dan kebanyakan mereka menyisip di aplikasi Spyphone. Dan yang lebih parahnya lagi, iOS versi lama snagat rentan dengan virus dan bahkan ada dalam kondisi yang sulit ditangani.

Baca juga: Penyebaran Android Oreo Mengalami Kenaikan 0,3 Persen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here