Registrasi Kartu SIM Boleh Dilakukan oleh Pedagang Pulsa, Begini Penjelasannya!  

0
990
Data Registrasi SIM Prabayar
Copyright©tribunnews

Registrasi Kartu SIM Boleh Dilakukan oleh Pedagang Pulsa, Begini Penjelasannya!

Oketekno.com –  Menindak lanjuti pro kontra Registrasi Kartu SIM yang menyebabkan banyak protes keras dilancarkan oleh para pedagang pulsa, terutama outlet konter penjual kartu perdana dan pulsa, kini wacana Registrasi Kartu SIM prabayar yang dapat dilakukan oleh pedagang pulsa terus digodok pemerintah. Baik itu dari pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), masih membahas proses agar para pedagang pulsa berhak melakukan registrasi kartu SIM Prabayar.

Ketua ATSI Merza Fachys mengungkapkan, batas pedagang pulsa boleh melakukan registrasi kartu SIM jika pelanggan telah mendaftarkan nomor yang ketiga kalinya, jadi pendaftaran nomor yang keempat dan selanjutnya bisa didaftarkan lewat pedagang.

Baca Juga : Tak Perlu Khawatir, Data Kependudukan Registrasi SIM Pra-bayar Tetap Aman

“Nanti pedagang berwenang untuk mendaftar nomor keempat dan seterusnya,” ujar Merza di sela-sela acara Digital Economic Briefing 2017, kantor pusat Indosat Ooredoo, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Registrasi Kartu SIM
Copyright©

Simak Caranya : Format dan Cara Registrasi Kartu Semua Operator Melalui SMS

Sudah diketahui sebelumnya untuk para pengguna dapat mendaftarkan nomor seluler yang telah divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Pendudu (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) melalui SMS ke nomor 4444 dengan format yang berbeda untuk setiap operator. Sesuai kesepakatan, pendaftaran melalui SMS itu hanya berlaku maksimal untuk 3 nomor saja.

“Nah, kalau nomor keempat kan ditolak kalau registrasi via SMS lagi. Makanya pelanggan harus daftar ke gerai operator. Gerai operator kan belum tentu di setiap kecamatan, kasian orang-orang yang registrasi harus datang ke Kota atau Kabupaten demi ke operator. Nah makanya nanti kami tunjuk beberapa outlet yang memenuhi syarat untuk pendaftaran,” lanjut Merza.

Simak Juga : Sebanyak 60 Juta Orang Sudah Melakukan Registrasi Ulang Kartu Prabayar, Termasuk Kamu?

Sementara itu, untuk syarat yang dikenakan kepada pedagang pulsa yang bisa melakukan registrasi kini masih dalam pembahasan. Akan tetapi kerahasiaan data pelanggan harus tetap dijaga oleh pedagang pulsa dan jangan sampai disalahgunakan.

Kepastian mengenai kewenangan tersebut direncanakan akan diputuskan pada pekan depan. Bukan hanya Kemkominfo  dan ATSI, namun Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) juga akan ikut membahas kewenangan yang masih menuai pro kontra hingga saat ini.

SIMAK JUGA : Penyebab dan Solusinya Ketika Gagal Registrasi SIM Prabayar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here