Gawat, Malware “Terdot” Ancam Akun Facebook Cs

0
382
Copyright©istimewa

Gawat, Malware “Terdot” Ancam Akun Facebook Cs

oketekno.com – Terdot, sebuah Malware yang biasa menyerang dalam industri Perbankan kini dikabarkan mulai menyebar untuk ancam akun sosial media seperti Facebook dan juga email juga. Dikutip dari laman SC Magazine, Senin (20/11/17), kesimpulan ini diperoleh dari hasil analisa mendalam mengenai malware Terdot tersebut dari Bitdefender.

Biasanya, Malware Terdot ini menyerang perbankan untuk mencuri beragam informasi kartu kredit dan juga akun keuangan lainnya. Dan diketahui, jika Terdot ini mampu melakukan update otomatis sehingga memungkinkan dirinya bisa memiliki kemampuan baru, dalam hal ini menyerang akun sosial media maupun email.

Baca juga: Aduh, Tulis Status di FB Tidak Bisa Dihapus?

“Terdot bisa berjalan di luar kemampuannya sebagai trojan banker. Fokus Terdot adalah mengumpulkan data login dari jejaring sosial serta layanan email. Dengan begitu, Terdot bisa menjadi alat spionase siber yang hebat, sulit dikenali, dan dibersihkan,” kata Bitdefender dalam sebuah laporan.

Copyright©istimewa

Sebelum mengancam akun Facebook Cs, Malware ini telah lebih dulu menyerang laman layanan keuangan Kanada, diantaranya Desjardins, PCFinancial, Toronto Dominon Bank, BMO, Royal Bank, Scotiabank, Banque Nationale, CIBC, dan juga Tangerine Bank.

Sementara itu, untuk beberapa akun sosial media yang diserang oleh malware Terdot ini diantarnya laman login Microsoft Live, Gmail, Yahoo Mail, Twitter, Facebook, Google Plus, hingga Youtube.

Baca juga: Fitur Invite Game di Facebook Segera Dihapus

Kendati banyaknya daftar sosial media yang telah diserang malware ini, Terdot diketahui tidak menyerang medsos terbesar di Rusia yakni vk.com. Dan karena hal tersebut, banyak yang menduga jika keberadaan dari Malware tersebut ada kaitanya dengan negara tersebut.

Biasanya, Malware ini dikirim melalui Sundown Exploit Kit atau melalui Komunikasi Malspam. Sementara itu untuk proses donwload disebutkan membuat malware Terdot ini semakin tak bisa dideteksi keberadaanya.

Dan cukup sekali diaktifkan, maka Terdot ini mampu mencuri berbagai data penting yang disuntikan oleh kode HTML ketika anda mengunjungi sebuah halaman, contohnya Facebook tersebut.

Baca juga: Facebook Luncurkan Aplikasi Creator Video Pesaing YouTube, Ini Perbedaannya!  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here