Kamu Harus Tau: Main Gim MOBA Bisa Buat Otak Makin Cerdas

0
1136
Gim MOBA
Copyright©jagatplay

Kamu Harus Tau: Main Gim MOBA Bisa Buat Otak Makin Cerdas

Oketekno.comGim MOBA, Banyak orang yang bilang jika para gamers itu orangnya pemalas dan tidak ada gunanya, bahkan ada yang bilang juga jika keseringan bermain game bisa menurunkan intensitas kecerdasan otak kita juga.

Namun hal itu perlu di tepis jauh-jauh karena sebuah riset terbaru mengungkapkan jika bermain gim online itu justru bisa mengasah kemampuan otak lebih tajam dan encer. Tidak semua game yang bisa membantu mempertajam kemampuan otak kita guys karena hanya gim online dual player yang ber-genre battle arena alias MOBA, beberapa diantaranya yakni Dota 2 dan League of Legends.

Baca Nih: Daftar Game Android Gratis dan Populer di Play Store

Sekelompok ilmuwan yang berasal dari Fakultas Psikologi dan Ilmu Komputer University of York di Inggris telah melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa pemain gim MOBA ternyata dapat menyelesaikan masalah lebih cepat jika dibandingkan dengan pemain gim FPS alias First Person Shooter, contohnya seperti Destiny maupun Battlefield 3.

pemain dota cantik
Copyright©liputan6

“Pemain gim MOBA cenderung memiliki karakteristik yang kompleks, tetapi mereka secara sosial sangat interaktif dan intelek. Mereka mampu berpikir cepat, taktis, dan logis” seperti itulah yang dituliskan oleh Alex Wade yang berperan sebagai salah satu peneliti dari University of York dalam keterangan resminya dan tersebar luas di Dunia maya.

Selain itu, para pemain gim FPS justru kemampuannya cenderung menurun seiring berjalannya usia mereka. Disisi lain, para pemain MOBA justru memiliki kemampuan lebih handal ketika usia mereka bertambah dewasa.

Ketahui Yuk: Ini Deretan 5 Laptop Populer, Kamu yang Mana?

“Pemain gim FPS biasanya mengandalkan otak mereka untuk bergerak cepat dan akurat membidik target, itu prioritasnya. Sementara pemain MOBA justru mengandalkan memori dan kemampuan mengatur strategi” begitulah ungkapan wade.

Dengan begini kita bisa mengukur kemampuan dan kecerdasan kita melalui gim MOBA tersebut, hal ini juga bisa menggantikan permainan catur yang biasa digunakan untuk tolok ukur kecerdasan beberapa orang jaman dulu dan sekarang yang masih mencintai cara klasik.

“Dulu orang yang pintar biasanya dikaitkan dengan lihai bermain permainan papan seperti catur, IQ-nya tinggi-tinggi. Nah, riset terbaru kami sekarang bisa melengkapi asumsi tersebut. Orang pintar juga dilihat berdasarkan kemampuannya bermain gim MOBA” tambah wade dalam keterangannya.

baca juga: Beragam manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan bermain game

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here