Face ID Pada iPhone X Dapat Dipakai Otentikasi Apple Pay, Begini Caranya!

0
764
Face ID iPhone X
Copyright©Osxdaily

Tak Ada TouchID, Face ID iPhone X Dapat Dipakai Otentikasi Apple Pay

OKETEKNO.COM – Bagi para pengguna perangkat Apple tentunya tidak asing dengan layanan Apple Pay yang menjadi layanan pembayaran mobile dimana memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan pembayaran dan transaksi secara online. Layanan Apple Pay sendiri memungkinkan perangkat Apple dapat tersambung dengan sistem penjualan dengan chip NFC (Near Field Communication), yaitu chip yang secara khusus menyimpan informasi pembayaran terenkripsi yakni TouchID dan Passbook pengguna. Namun dengan peluncuran iPhone X tanpa Touch ID, akankah fitur Face ID dapat digunakan untuk otentikasi Apple Pay ?

Appe memang telah mengumumkan sistem otentikasi anyar dengan pemindaian wajah 3D yang bernama Face ID dimana diterapkan dalam perangkat iPhone X yang merupakan edisi khusus ulang tahun iPhone ke-10. Fitur ini pun perlahan mampu menggeser TouchID sehingga tak sedikit pecinta gadget yang bertanya bagaimana Apple Pay dapat digunakan tanpa khadiran tombol home yang juga terintegrasi sebagai panel TouchID.

Baca Juga Ini Rahasia Fitur Face ID iPhone X yang Tidak Diungkap oleh Apple!

Smartphone iPhone X sendiri hadir dengan dibekali fitur pemindai wajah 3D dengan usungan kamera True Depth yang dikenal dengan Face ID. Banyak pengguna iPhone X yang kebinggungan bagaimana layanan Apple Pay dapat bekerja pada perangkat ini sementara layarnya terbentang luas tanpa kehadiran tombol home atau touchID untuk otentikasi pembayaran.

Namun kabar yang terbaru mengungkapkan bahwa Apple akan menggunakan Face ID untuk otentikasi pembayaran Apple Pay. Lantas bagaimana sistem kerjanya ? Hal ini menjadi menjadi ramai diperbincangkan para pengguna iPhone khususnya iPhone X.

Fingerprint Sensor Android Jadi Teknologi Jadul Lantaran FaceID
Copyright ©redmondpie

Untuk dapat menggunakan layanan Apple Pay pada perangkat iPhone X maka pengguna harus lebih dahulu menginstall layanan Apple Pay dengan memasukkan kartu debit atau kartu kredit pada aplikasi Wallet. Ketika berada di toko online maupun toko yang dapat menerima sistem pembayaran via Apple Pay maka pemrosesan Apple Pay kurang lebih sama dengan TouchID namun ada beberapa hal yang memiliki perbedaan.

Ketika pengguna telah siap untuk check out maka pengguna dapat menekan tombol disamping iPhone X sebanyak dua kali untuk membuka kartu default Apple Pay serta mengotentikasi dengan Face ID. Selanjutnya pegang perangkat iPhone ke modus reader untuk melakukan konfirmasi pembayaran lanjutan.

Baca Juga Fitur Face ID di iPhone X Jadi Lambat, Karena Sering Dipakai ?

Setelah selesai maka pengguna dapat klik dua kali untuk membuka aplikasi wallet yang harus lebih dulu diaktifkan secara default. Hanya saja jika jika pengguna tidak dapat mengaktifkan maka dapat menuju menu Setting – Wallet – Apple Pay – Toggling pada opsi Double Click. Ini merupakan fitur yang perlu diaktifkan jika pengguna akan menggunakan layanan Apple Pay lantaran dapat mempercepat proses checkout.

Jika pengguna tidak memproses dengan klik dua kali maka pengguna perlu men-hold iPhone yang dilengkapi dengan koneksi NFC untuk dapat membuka antarmuka Apple Pay sebelum memberikan konfirmasi dengan ID wajah atau Face ID.

Baca Juga Saingi Face ID iPhone X, Fitur Pemindai Wajah Samsung Galaxy S9 Dipasangi Sensor 3D!

Sejatinya pemrosesan otentikasi Face iD pada iPhone X untuk layanan Apple Pay sendiri cukup mudah dan cepat. Sama cepatnya dengan TouchID, apalagi saat pengguna telah terbiasa dengan kerja sistem pengenalan wajah ini. Hanya saja perlu dimaklumi jika sejumlah pengguna khawatir menggunakan otentikasi Face ID untuk Apple Pay, pasalnya teknologi ini masih diragukan keamananya bahkan dapat dengan mudah dibobol. Untuk itu pengguna iPhone X perlu mewaspadai hal itu.

Baca Juga Akankah Fingerprint Sensor di Android Jadi Teknologi Jadul Lantaran FaceID?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here