Tinggalkan Yahoo, Mozilla Firefox Kini ‘Mesra’ dengan Google!  

0
1357
Mozilla Firefox
Copyright©Mozilla

Tinggalkan Yahoo, Mozilla Firefox Kini ‘Mesra’ dengan Google!

Oketekno.com – Seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi browser Mozilla Firefox belum lama ini telah melakukan pembaruan kepada fitur layanannya. Salah satu perubahan yang menonjol pada pembaruan itu adalah digantinya mesin pencari Yahoo yang selama ini mendampinginya, yang mana Firefox kini menggunakan Google sebagai mesin pencari utamanya. Dengan begitu dapat diartikan kerjasama antara Mozilla dengan Yahoo telah berakhir.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Danelle Dixon, Direktur Bisnis Mozilla, mengungkapkan langkah yang diambil oleh Mozilla dengan memilih mesin pencari Google sebagai mesin pencari utama dalam browser terbarunya saingan Google Chrome, yaitu Firefox Quantum yang akan lebih baik memberikan layanan kepada para penjelajah dunia internet.

“Kami memutuskan untuk mengakhiri kesepakatan kami dengan Yahoo berdasarkan sejumlah faktor, termasuk demi memberi yang terbaik untuk brand kami. Sebagai bagian dari fokus pengalaman dan performa kami di Forefox Quantum, Google akan akan menjadi mesin telusur kami yang baru di Amerika Serikat, Kanada, Hong Kong dan Taiwan,” ungkap Dixon seperti dikutip dari Digital Trends, Kamis (23/11/2017).

Simak Juga : Aplikasi Browser Terbaru Mozilla Firefox Quantum, Lebih Cepat dari Chrome

Mozilla Firefox
Copyright©liustrasi / Mozilla Firefox

“Kami berupaya memberikan penelusuran web yang berkualitas, dan konten yang lebih luas bagi pengguna. Kami yakin masih ada celah untuk menjalin kerja sama di luar mesih pencari,” lanjut Dixon.

Diketahui pihak Mozilla dengan Yahoo telah menandatangani kesepakatan pada tahun 2014 yang berisi tentang kewajiban aplikasi browser Firefox untuk menjadikan Yahoo sebagai mesin pencari utama atau default dalam halaman penjelajahnya.

Disebutkan juga masa kontrak Mozilla dengan Yahoo sampai dengan tahun 2019 mendatang. Akan tetapi Mozilla memilih membatalkan perjanjian tersebut secara sepihak dalam waktu kurang dari tiga tahun.

Baca Juga : Dirikan Agama AI, Mantan Karyawan Google Ini Ciptakan Robot Tuhan! 

Lebih memilih Google bukan tanpa resiko, pembatalan kontrak tersebut tentu menyebabkan Mozilla dikenai hukuman pinalti. Seperti yang sudah tertulis dalam kontrak perjanjian, yakni pihak Mozilla harus tetap membayar 375 juta dollar AS atau setara dengan Rp 5 triliun sertiap tahunnya sampai dengan 2019 mendatang lantaran telah mengkhianati Yahoo.

Sebelum jalin kontrak dengan Yahoo, Mozilla Firefox juga pernah memakai mesin pencari Google dalam halaman utamanya. Namun kesepakatan kontrak dengan Google telah berakhir pada tahun 2014 lalu yang berhasil mendatangkan keuntungan bagi Mozilla sebesar 323 juta dollar AS, atau setara dengan Rp 4,3 triliun.

Simak Juga : Mozilla Resmi Rilis Browser Firefox Rocket Khusus Indonesia, Apa Kelebihannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here