Begini Cara Melaporkan Komentar SARA di Facebook!  

0
287
facebook
Copyright ©Mirror

Begini Cara Melaporkan Komentar SARA di Facebook!

Oketekno.com – Walaupun kini telah banyak jejaring sosial lainnya seperti Twitter dan Instagram, namun Facebook sudah lebih dulu mendarah daging di jiwa para penggunanya. Sepertinya keberuntungan mendampingi Mark Zuckerberg, atau malah pria sekaligus CEO Facebok tersebut tahu dimana letak kunci sukses mengelola perusahaan untuk terus berkembang mengikuti tren yang ada.

Selain difungsikan sebagai tempat untuk tetap menjalin tali silaturahmi dengan teman atau saudara, kini Facebook juga dijadikan tempat untuk melakukan diskusi terbuka mengenai masalah sosial yang sedang ramai jadi buah bibir ataupun masalah pribadi yang memang sengaja dibagikan untuk mendapatkan pencerahan.

Akan tetapi, tidak semua pengguna FB dapat menjaga lisan yang diungkapkan lewat bentuk tulisan di kolom komentar. Sering kita temui orang yang justru memberikan cacian dan makian, terlebih lagi hingga mencatut SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) yang tentunya akan menjadi semakin memperpanas suasana.

Facebook
Copyright©Metro / Laporkan Komentar Facebook

Simak Juga : Update Terbaru, Kini Facebook Messenger Dukung Gambar 4K

Nah, terkait banyaknya komentar SARA yang kita temui di beranda FB, kalian bisa melaporkannya kepada pihak penyedia layanan sosial media. Cukup mudah, begini cara melaporkan komentar SARA di FB.

Langkah pertama jika anda ingin melaporkan tentunya sudah menemukan komentar yang kurang pantas, ketuk dan tahan pada komentar tersebut, selanjutnya pilih menu ‘Report’ atau ‘Laporkan’. Selanjutnya akan muncul jendela mengenai alasan pelaporan. Apabila anda melaporkan komentar lantaran menyangkut mengenai SARA, maka pilih ‘Sayaya rasa ini tidak seharusnya ada di Facebook’.

Facebook
Copyright©Metro / Laporkan Komentar Facebook

Selanjutnya pilih penjelasan yang lebih detail mengenai kontan komentar yang anda laporkan. Yang mana anda dapat memilih opsi ‘Pelecehan ujaran kebencian”. Lalu pilih pihak yang menjadi sasaran ujaran kebencian tersebut. Disitu ada beberapa pilihan yang diberikan, ada opsi RAS dan etnis, Agama, jenis kelamin serta orientasi s*ksual, kebencian, dan disabilitas.

Baca Juga : Keren, Facebook Uji Fitur Virtual Reality di News Feed Pengguna! 

Kemudian pilih langkan yang bakal Anda lakukan, yang mana Anda dapat melakukan lebih dari 1 tindakan. Anda dapat melaporkan komentar yang ada pada FB agar pihak penyedia layanan meneliti lebih dalam mengenai valid atau tidaknya laporan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat memblokir orang yang membuat komentar dan semua konten yang telah dibuatnya dari beranda Anda.

Baca Juga : Google dan Facebook Cs Bahas Konten P*rnografi Bareng Kominfo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here