iPhone Mendatang Akan Diproduksi Apple dari Limbah Daur Ulang, Benarkah ?

0
725
iPhone 8 Bekas
Copyright ©phonearena

iPhone Mendatang Akan Diproduksi Apple dari Bahan Limbah Daur Ulang?

OKETEKNO.COM – Pabrikan smartphone premium yakni Apple memiliki komitmen bahwa produk-produk yang digarapnya menjadi produk eco-friendly atau ramah lingkungan. Komitmen besar tersebut bahkan dibuktikan oleh pabrikan asal Amerika Serikat ini dengan berinisiatif memproduksi perangkat smartphone yakni iPhone dan perangkat komputer Mac dengan menggunakan bahan limbah yang didaur ulang, benarkah hal itu ?

Perlu diketahui, limbah daur ulang yang dimaksudkan oleh Apple ini sendiri adalah bahan seperti biopastik. Hal ini memang dilakukan oleh Apple demi untuk meminimalisasi serta mengurangi ketergantungan dari bahan-bahan tambang. Hingga saat ini vendor ponsel yang didirikan oleh Steve Jobs tersebut masih mencari-cari cara ampuh untuk dapat mewujudkan iPhone dari limbah daur ulang. Kendati demikian Apple memiliki tekad kuat agar tidak mengeksplorasi hasil bumi sama sekali untuk memproduksi perangkat gadget.

Baca Juga Oops, iPhone X Kalah Telak Adu Cepat Lawan OnePlus 5T!

Dilansir dari BGR via KompasTekno pada Rabu (22/11/2017) Wakil Presiden Lingkungan, Inisiatif Kebjakan Sosial Apple bernama Lisa Jackson angkap bicara. Ia mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menggunakan bahan daur ulang 100 persen dalam produk mereka maupun bahan yang dapat terbarukan. Pihaknya begitu antusias untuk merealisasikan hal tersebut.

Sebelumnya Apple sendiri bahkan sempat dihujat lantaran diklaim lambat dalam merespon isu lingkungan oleh organisasi lingkungan. Dan kini pihak Apple sendiri ingin menjadi role model sebagai pabrikan teknologi yang ramah lingkungan dalam merilis perangkat iPhone maupun perangkat iOS lainnya.

iphone se 2
Copyright©iPhone

Sementara itu Lisa Jackson juga menambahkan bahwa sejauh yang mereka ketahui, merekalah satu-satunya perusahaan di sektor ini yang berhasil menemukan solusi terkait lingkingan. Banyak orang yang membahas terkait elektronik daur ulang namun bahannya belum tentu diperlukan pada elektronik yang baru tersebut.

Keinginan dan niat baik dari Apple ini sendiri memang bukan menjadi hal yang mudah namun juga tidak mustahil dilakukan mengingat produk besutan Apple baik iPhone, iPad maupun komputer Mac selalu laris manis terjual setiap tahunnya Bahkan Amnesty Internasional memberikan pujian untuk vendor Amerika itu yang begitu bertanggung jawab atas eksplorasi kobalt.

Baca Juga Face ID Pada iPhone X Dapat Dipakai Otentikasi Apple Pay, Begini Caranya!

Perlu dketahui dalam industri smartphone sendiri, kobalt merupakan bahan baku yang sangat penting dimana menjadi bahan baku dalam baterai lithium yang ditanamkan dalam perangkat smartphone maupun tablet. Dan Apple begitu bertaggung jawab atas penggunaannya untuk perangkat iPhone maupun iPad.

Bahkan Apple sebagai produsen iPhone sendiri sempat terdaftar dalam penelitian Amnesty Internasional serta tim peneliti Afterwatch sebagai produsen ponsel yang menggunakan kobalt hasil dari eksploitasi anak-anak di negara Kongo. Negara tersebut memang menjadi negara pemasok setengah dari total kobalt di seluruh dunia dimana.

Di negara Kongo penambangan kobalt dilakukan tanpa alat dan hanya menggunakan tangan kosong bahkan tak jarang hal itu dilakukan oleh anak-anak. Pada tahun ini Apple memberikan janji akan berhenti menggunakan kobalt yang memang ditambang dengan tangan kosong bahkan oleh anak-anak di Kongo. Dan perangkat iPhone mendatang akan diproduksi lebih ramah lingkungan. Seperti apa ? Hanya waktu yang dapat menjawabnya, so wait it.

Baca Juga Januari 2018, iPhone X Mulai Dijual di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here