Susul Facebook, Kini Skype Juga diblokir di China!

0
423
Copyright©istimewa

Susul Facebook, Kini Skype Juga diblokir di China!

oketekno.com Skype, aplikasi chating yang memiliki logo huruf S berwarna putih biru ini akhirnya menjadi korban pemblokiran dari pemerinta China. Sebuah aplikasi komunikasi berbasis Voive Over IP (VoIP) ini diketahui sudah tidak lagi muncul di toko aplikasi milik Apple pada awal November lalu.

“Kami telah diberitahu oleh Kementrian Kemanan Publik bahwa beberapa aplikasi berbasis Voice over IP (Skype salah satunya) tidak memenuhi peraturan hukum lokal (China). Sebab itulah, aplikasi-aplikasi tersebut dihapus dari toko aplikasi di China”, kata juru bicara Apple seperti dikutip dari laman Kompas Tekno.

Baca juga: Fitur Baru, Begini Lho Cara Gunakan Story di Skype

Dengan hal ini, maka aplikasi tersebut menyusul beberapa temannya seperti aplikasi Facebook, Twitter, telegram, Snapchat, Line, dan juga Whatsapp yang sudah terlebih dahulu di blokir oleh pemerinta China.

Copyright©istimewa

Melihat hal tersebut, Microsoft selaku induk dari Skype pun langsung merespon hal ini. mereka mengatakan jika aplikasi tersebut hanya dihapus sementara di App Store. Dan pihak dari Microsoft akan berusaha untuk mengembalikan kembali secepat mungkin, namun masih belum diketahui langkah apa yang akan dilakukan pihaknya.

Baca juga: Google dan Facebook Cs Bahas Konten P*rnografi Bareng Kominfo, Apa Hasilnya?  

Tak hanya di App Store saja, namun aplikasi tersebut juga sudah tidak muncul di beberapa toko aplikasi pihak ketiga dari beberapa produsen smartphone lain asal China, seperti Xiaomi maupun Huawei.

Meksipun sudah dihapus dari toko aplikasi, namun Skype yang sudah tertinstall di dalam smartphone masih bisa digunakan, itu berarti belum sepenuhnya dilakukan pemblokiran oleh pemerintah China. Dan untuk pemblokiran secara penuh nampaknya tinggal menunggu waktu saja, mengingat kebijakan “Great Firewall” yang belakangan ini digencarkan oleh China.

Great Firewall ini merupakan sebuah istilah keamanan yang di gagas oleh pemerintah China dalam sistem sensor internet. Dimana pemerintah ingin mengontrol seluruh konten dan juga komunikasi dalam negaranya, sehingga bisa mengetahui aktifitas dari warganya.

Baca juga: Update Skype Terbaru, Berikut Fitur Teranyar yang Dibawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here