Mozilla Firefox Segera Luncurka Fitur Keamanan Baru, Ini Fungsinya!

0
2008
Firefox Quantum
Copyright©Mozilla Blog

Mozilla Firefox Segera Luncurka Fitur Keamanan Baru, Ini Fungsinya!

Oketekno.com – Setelah 6 bulan adanya pembaruan dari aplikasi browser Mozilla Firefox, kini dihadirkan aplikasi terbaru yang menawarkan pengalaman lebih lancar, cepat dan juga responsive. Untuk aplikasi terbaru ini dinamakan Firefox Quantum. Berbagai fitur baru serta peningkatan kemanan disematkan dalam aplikasi Browser yang sudah melegenda tersebut.

Aplikasi Firefox Quantum ini bisa dinikmati di berbagai platform, diantaranya yakni Windows, Mac, Linux, Android, maupun iOS. Perlu kalian ketahui bahwa peramban terbaru dari Mozilla ini merupakan update besar-besaran yang dilakukan oleh pihak pengembang.

Pada aplikasi Firefox Quantum, pihak Mozilla dikabarkan akan terus menambahkan lebih banyak fitur baru, salah satunya adalah fitur dimana aka nada notifikasi terhadap pengguna jika situs yang dikunjungunya tersebut telah diboboll oleh hacker.

Baca Juga : Tinggalkan Yahoo, Mozilla Firefox Kini ‘Mesra’ dengan Google!

Perusahaan yang kini tengah mengerjakan fitur tersebut dengan menggunakan data yang diberikan oleh ‘Have I been Pwned’, yakni sebuah situs web yang mempunyai indeks pelanggaran data. Sehingga pihak pengguna akan diberikan notifikasi agar mereka tidak disusupi oleh upaya peretasan.

Mozilla Firefox
Copyright©Mozilla

Memang kedengarannya fitur terbaru Mozilla Firefox tersebut menarik, akan tetapi fitur tersebut kini masih dalam tahap awal pengembangan. Meski begitu, pengguna sudah dapat mencobanya dengan cara mengunjungi Github kemudian menambahkan tool tersebut ke Firefox.

Simak Juga : Sempat ‘Dihapus’, UC Browser Akhirnya Muncul Lagi di Google Play Store!

Beredarnya kabar mengenai fitur keamanan tersebut dibenarkan oleh Troy Hunt, pakar keamanan yang menyokong Have I benn Pwned. Lewat cuitan Twitter pribadinya, Troy Hunt menuturkan jika memang tengah mengerjakan fitur baru yang menakjubkan pada Mozilla Firefox.

“Seperti yang banyak diketahui, ya, kami tengah mengerjakan beberapa hal (fitur) yang menakjubkan dengan @mozilla dan @haveibeenpwned,” cuit Hunt.

Selebihnya fitur tersebut masih belum begitu jelas cara kerjanya mengingat banyaknya situs yang telah diretas bertahun-tahun yang sudah lalu. Dengan permasalahan seperti itu tampaknya pihak Mozzilla akan memberikan batasan informasi terhadap situs yang sempat diretas dalam waktu yang belum lama.

Baca Juga :  Aplikasi Browser Terbaru Mozilla Firefox Quantum, Lebih Cepat dari Chrome

Selain pada fitur yang diusungnya, salah satu perubahan yang menonjol pada pembaruan itu adalah digantinya mesin pencari Yahoo yang selama ini mendampingi Mozilla Firefoz. Yang mana Firefox kini menggunakan Google sebagai mesin pencari utamanya. Dapat diartikan juga jika kerjasama antara Mozilla dengan Yahoo telah berakhir.

Simak Nih : Mozilla Resmi Rilis Browser Firefox Rocket Khusus Indonesia, Apa Kelebihannya?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here