Komentar di Video YouTube Anak Segera Diblokir, Ini Alasannya!  

0
774
Youtube
Copyright ©pcmag

Komentar di Video YouTube Anak Segera Diblokir, Ini Alasannya!

Oketekno.com – Belum lama ini ramai beredar kabar mengenai berbagai komentar sosok predator pedofil pada sistus berbagi video YouTube khusus untuk anak-anak. Menyikapi hal tersebut, pihak perusahaan layanan video terbsesar besutan Google itu akhirnya memutuskan untuk menonaktifkan kolom komentar pada video YouTube anak anak. Konten yang dinilai kurang pantas untuk anak-anak akan dihapus oleh YouTube secara keseluruhan.

Sebelumnya dilansir dari The Verge, permasalahan tersebut mengungkapkan adanya video anak-anak yang melakukan aktifitas seperti gymnastic sebagai target predator untuk berkomentar mengenai hal yang menjurus negative, bahkan ada juga yang sampai mengundang anak anak mengikuti komentar yang diunggahnya.

Simak Juga : Tanpa Aplikasi, Begini Cara Download Video YouTube Jadi MP3 dengan Mudah!

Pada saat iyu pihak YouTube sendiri telah menghapuskan berbagai video hot yang menjadi salah satu cermin permasalahan seperti yang dirangkum oleh The Verge itu. Mirisnya sejumlah video tersebut diketahui telah ditonnton oleh ratusan ribu lebih pengguna layanan video.

YouTube for Kids
Copyright©DutDut

Belajar dari kesalahan tersebut, pihak YouTube berjanji akan mengambil langkah baru untuk memastikan tidak akan terjadi lagi hal tersebut d masa mendatang. Demi lancarnya proses pelaporan, YouTube baru saja mengumumkan kerjasama dengan NCMEC guna melaporkan perilaku yang melanggar aturan kepada pihak badan hukum yang bersangkutan.

Pihak YouTube juga telah mengambil langkah tegas dengan cara menonaktifkan semua kolom komentar pada video yang mengandung unsur anak-anak dan juga pada video yang menjadi tempat untuk meninggalkan komentar tak pantas. Selebihnya, YouTube juga telah mengumumkan adanya perubahan lain yang diluncurkannya sebagai salah satu respon dari kritik pengguna, hal itu terkait dengan cara anak-anak membuat dan menonton konten video pada YouTube Anak.

Baca Juga : YouTube Segera Hapus Fitur Sarankan Video yang Ditonton

YouTube mengungkapkan telah menggunakan teknologi untuk menandai video bermasalah lebih cepat, serta menghapus iklan dari video kurang pantas tersebut yang menjadi sasaran keluarga. YouTube mengklaim juga akan menyediakan panduan baru untuk konten YouTube Anak atau YouTube Kids dan akan berkonsultasi secara lebih baik dengan ahli untuk mendapatkan cara yang ampuh.

YouTube sendiri telah menghadapi masalah yang cukup rumit mengenai konten yang menargetkan untuk anak-anak pada beberapa minggu terakhir, terutama setelah unggahan Medium viral menampilkan video yang ditujukan kepada penonton anak-anak.

Baca Juga : Begini Cara Nonton Video YouTube di Smartphone Tanpa Kuota!  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here