Keren! Australia Terapkan Teknologi Pemindai Wajah di Sektor Perbankan

0
685
pemindai wajah
Copyright©SBS

Keren! Australia Terapkan Teknologi Pemindai Wajah di Sektor Perbankan

Oketekno.com – Teknologi canggih dan modern Face Recognition alias Pemindai Wajah akhir-akhir ini sedang menjadi trending topic. Untuk teknologi ini sendiri mendapatkan popularitas setelah kehadiran Smartphone terbaru besutan Apple yang bernama iPhone X dengan bekalan fitur Face ID miliknya itu.

Dengan begini nampaknya Negara Australia akan menerapkan teknologi tersebut untuk industri perbankan. Informasi ini sendiri telah dibeberkan luas di dokumen kejaksaan Agung Australia. Di dalam dokumen tersebut telah mengungkapkan secara jelas jika pihak pemerintahan Australia akan menerapkan sistem keamanan ini di tahun 2018 mendatang.

Simak Nih: Tips Membuat Tanda Tangan di Gmail dengan Mudah!

Ada beberapa alasan dari pihak pemerintahan mengenai penerapan sistem keamanan tersebut, namun yang paling utama dan terpenting ialah memberantas tindak penipuan.

pemindai wajah
Copyright©SBS

Terlebih lagi, dengan menerapkan metode tersebut diklaim bisa memudahkan aktivitas perbankan, contohnya saja seperti Validasi Rekening, setor tarik, transfer uang, maupun check identitas pelanggan kita.

Untuk menerapkan cara ini seluruh bank yang berada di wilayah tersebut harus menanyakan kepada sang pelanggannya agar mereka mau menerapkan sistem pemindai wajah terbaru ini. sedangkan untuk prosesnya sendiri juga mirip dengan layanan verifikasi dokumen secara manual, tidak ada banyak perubahan.

Ketahui Yuk: Fitur Terbaru dari Microsoft Launcher

Meski begitu, untuk implementasi sistem face recognition ini di perbankan nyatanya malah bisa memicu kontroversi. Banyak yang mengkhawatirkan jika sang pemilik sistem tersebut tidak bisa mengamankan data nasabah secara utuh.

“Jika memang ‘lampu hijau’, masih banyak yang menyangsikan sistem ini benar-benar bisa dilaksanakan secara utuh atau tidak. Lagipula, memang berapa banyak nasabah yang mau? Ketika mereka memutuskan untuk sukarela wajahnya dipindai, apakah mereka sadar secara sukarela atau terpaksa?” seperti itulah yang telah diungkapkan oleh Monique Mann selaku Direktur Australian Privacy Foundation.

Tidak hanya itu saja, pemerintah Australia juga memberikan ulasan jika pihaknya nanti di tahun 2018 selain menerapkan sistem Pemindai Wajah untuk perbankan juga digunakan untuk Industri Telekomunikasi sehingga terjamin lebih aman.

baca juga: Saingi YouTube, Telkomsel Berencana Ciptakan Video Marketplace!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here